179. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang
Keywords:
Peningkatan, Hasil belajar kognitif, PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek, yaitu siswa kelas III A SDN Gayamsari 02 Semarang sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data menggunakan tes hasil belajar kognitif, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas III A siklus I sebesar 77,2, kemudian meningkat menjadi 84,4 pada siklus II, dan meningkat kembali sebesar 90,4 pada siklus III. Persentase jumlah siswa tuntas KKM mengalami peningkatan setiap siklusnya, Siklus I persentase siswa tuntas KKM sebesar 56%, siklus II meningkat menjadi 76%, dan siklus III meningkat menjadi 88%. Meningkatnya hasil belajar kognitif siswa didukung dengan meningkatnya proses saat pembelajaran. Pada siklus I mendapat nilai 73,3 dan 74,6 dengan kategori B (Baik). Nilai yang diperoleh sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal predikat baik. Pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan nilai menjadi 82,6 dan 84,6 dengan kategori sangat baik. Pada siklus III pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan nilai menjadi 96 dan 93 Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif Tema 7 siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang.