IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X.XI
Keywords:
problem based learning, keaktifan, prestasi belajarAbstract
Pendidikan sejatinya harus memerdekakan peserta didik agar setiap potensi yang dimilikinya dapat terasah dengan baik sementara guru hanya menjadi fasilitator. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan berorientasi pada ketercapaian materi sehingga belum mengaktifkan peserta didik sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, serta refleksi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.XI SMA N 2 Semarang Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar mengalami peningkatan setelah dilakukannya tindakan berupa penerapan model pembelajaran problem based learning baik di siklus I ataupun siklus II. Peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9.71 % dengan rincian siklus I 75.49 % dan siklus II 85,20 %. Sementara prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 15.36 % dengan rincian siklus I 64.35 % dan siklus II 79.71 %. selain itu, persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sudah lebih dari 75% yakni 80%
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Annisa Mayasari, O. A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia Vol. 3, No. 2, Hal. 167-175.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Konsep Mol. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306–315.
C. Asri Budiningsih. (2010). Strategi Pembelajaran yang Memerdekakan. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Nomor 2 Volume 6.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Firda Saiful Anam, F. A. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SD4 Dersalam Kudus. S e m i n a r N a s i o n a l P P G U P G R I S 2023 (pp. 1761-1770). semarang: universitas PGRI Semarang.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 221-226.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi Berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287.
Nafsir, M, E. H., (2022). Pengaruh Model Pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X MIS Di SMA 1 Maros. Bioelearning Journal, 2406-8241
Nurridha Rahmania Yusuf, S. B. (2020). Pengaruh Model Pbl Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik. Orbita : Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika , 230-235.
Prasetyo, I. A., Baskoro, F., & Rakhmawati, L. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Rajasa Surabaya.
Sa’adah, S. (2015). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran PKn melalui penerapan metode kerja kelompok di kelas V SDN Pisangan 03. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).
Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sidabutar, M., Budiningsih, C. A., & Suyantiningsih, S. (2022). Model Pembelajaran yang Memerdekakan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul. Epistema, 3(1), 18-26.
Suherman, E. (2008). Model belajar dna pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare. Vol 5 No. 2
Tafakur, T., & Suyanto, W. (2015). Pengaruh cooperative project-based learning terhadap motivasi dan hasil belajar praktik “perbaikan motor otomotif” di SMKN 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 117-131.
Trianto, I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta : Penerbit Prenadamedia Group.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada.
Yunita, D. & A. Wijayanti. (2017). Pengaruh Media video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari ekaktifan siswa. Sosiohumaniora J. ilm. Sos. Dan Hum., Volume 3 No. 2