Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui CTL Berbantu Media Ular Tangga pada Pelajaran PPKN Kelas Vb SDI Al Madina
Keywords:
hasil belajar siswa, contextual teaching learning, media ular tanggaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan model pembelajaran yang dimiliki guru dalam meningkatkan hasil siswa, sehingga menyebabkan siswa tidak mampu mencapai KKM, hal ini dikarenakan belum ada motivasi khusus untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih bersifat satu arah, yaitu guru yang bertindak sebagai pusat kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VB materi Pancasila dalam Kehidupanku. Penelitian ini menggunakan metode action research ( Penelitian Tindakan Kelas) dan dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses dan variabel output. Variabel input adalah pengetahuan awal siswa, materi pembelajara serta wawasan dan bekal keterampilan guru mengelola pembelajaran. Variabel proses adalah pembelajaran PPKn dengam model Contextual Teaching Learning berbantu media ular tangga. Variabel Output berkaitan dengan kualitas pembelajaran setelah dilakukan pembelajaran berdaur (siklus). Pada siklus I adalah pada aspek aktivitas belajar adalah 71,36 %, Aspek afektif 70,99 %, Aspek Psikomotorik, 72,24%, dan Aspek Kognitif 71,42 % setelah pembelajaran menggunakan games worwall interaktif. Peningkatan terjadi pada nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah yang sangat signifikan. . Pada siklus II mendapat nilai pada aspek aktivitas belajar adalah 90,42 %, Aspek afektif 90,41 %, Aspek Psikomotorik, 92,85%, dan Aspek Kognitif 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching Learning dengan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi Pancasila dalam Kehidupanku pada siswa kelas VB SDI Al Madina.
References
Amsari, D., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2022). Development of a local instructional theory for the sequences and series concept based on contextual teaching and learning. Linguistics and Culture Review, 6(S2), 434-449.
Arikunto, S. dkk. 2008. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Furroyda,A.F.,Ibda,H.,&Wijanarko,A.G.(2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar PPKN Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta.SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 145-160
Iskandar, I. (2017). Peningkatan Partisipasi Aktif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII. E Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMP Negeri 7 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 46-64.
Irwan, I.,&Hasnawi,H.(2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3(1) 235 – 245
Marâ, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Noviantoro, D. A., Rosdiana, L., Permatasari, D. A., & Aulia, E. V. (2022).THE EFFECT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODEL THROUGH ENERGY IN LIVING SYSTEMS VIDEO ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 30-39.
Nurhidin, E. (2017). Inovasi PembelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1).
Paneru, D. R. (2018). Information communication technologies in teaching English as a foreign language: Analysing EFL teachers’ TPACK in Czech elementary schools. CEPS Journal, 8(3), 141-163.
Sibuea, M. F. L., & Sinaga, H. D. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran ular tangga aljabar siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 6(2), 9-9.
Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369-376.