PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SAINS PADA MATERI SEL MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY
Keywords:
komunikasi, scientific inquiry, sikap ilmiahAbstract
Sikap ilmiah, seperti peka atau kritis terhadap lingkungan, rasa ingin tahu, objektivitas, dan skeptis, mendorong seseorang untuk menemukan persoalan dari suatu objek atau gejala alam yang dihadapi. Sikap ilmiah dan kemampuan komunikasi merupakan dua hal yang sangat berhubungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap ilmiah dan kemampuan komunikasi sains peserta didik pada materi sel melalui praktikum berbasis scientific inquiry. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasilnya yaitu rata-rata peningkatan sikap ilmiah peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 6,4%. Sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 6,25%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sikap ilmiah dan kemampuan komunikasi sains pada materi sel melalui praktikum berbasis scientific inquiry.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinata, Yogi Nurcahyo. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Autocad. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Gulo,W. 2002. Pendekatan Belajar Mengajar. Jakarta. Grasindo
Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hariyadi, S. 2014. Bertanya, pemicu kreativitas dalam interaksi belajar. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 3(2), 143-158.
Hartini, R. F., Ibrohim., dan Qohar, A. 2018. Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains melalui Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Ekosistem, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembanggan, 3(9),1168-1173
Hayat, M. S., Anggraeni, S., Redjeki, S. 2011. Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah peserta didik. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 1.
Karmana, O. 2008. Biologi. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.
Linlin Suryadi, Elin B. Somantri dan Rizmahardian A.K. 2017. Implementasi Metode Praktikum Berbasis Lingkungan pada Materi Reaksi Kimia Peserta didik Kelas X MA Al Jihad Nanga Tepuai Kapuas Hulu. Ar-Razi Jurnal Ilmiah 5, no. 1.
Mona, N., Rachmawati, R. C., Mulyaningrum, E. R., & Rifangi, S. 2023. Implementasi Pembelajaran Praktikum Biologi Scientific Approach Terhadap Literasi Sains Peserta Didik MAN 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11158-11166.
Pajar, M, P., Eka, S. A., Didik, K. A., 2016. Analisis kesulitan belajar peserta didik pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pontianak
Permendikbud No.21 Tahun 2016. „Standar Isi pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti Sesuai dengan Jenjang dan Jenis Pendidikan tertentu‟
Rachmawati, R. C., Mulyaningrum, E. R., & Roshayanti, F. 2014. Pengembangan Karakter dan Penguasaan Konsep dengan Pendekatan Inquiry Laboratory Materi Identifikasi Algae. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 3(1, April).)
Sambada, D. 2012. Peranan kreativitas peserta didik terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Walsh, J.A & Sattes, B.D. 2011. Thinking Through Quality Questioning: Deepening Student Engagement. SAGE Publication Ltd. London
Windyariani, S. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas:(Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21). Deepublish.
Wulandari, P., Hartadiyati, E. W & Nurwahyunani, A. 2018. Efektifitas pembelajaran transpor membran bermuatan etnosains terhadap hasil belajar kognitif dan minat berwirausaha pada peserta didik SMA. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(1), 53-64.