PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Keywords:
hasil belajar, kolaborasi, pembelajaran berdiferensiasiAbstract
Kemampuan kolaborasi sangat penting di era abad-21 ini, namun berdasarkan hasil observasi tidak semua peserta didik dapat berkolaborasi dengan baik selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua kali siklus melalui empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan lembar angket, lembar observasi, dan tes pre dan post tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI 3 SMA Islam SultanAgung 1 Semarang Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 peserta didik homogen. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif . Siklus I perolehan skor rata-rata keterampilan kolaborasi 80% kategori tinggi, sedangkan persentase ketuntasan KKM hasil belajar kognitif peserta didik memiliki skor 63% dibawah nilai ketuntasan minimal klasikal 75%. Siklus II perolehan skor rata-rata keterampilan kolaborasi 87% kategori sangat tinggi. Kenaikan 7% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan untuk persentase ketuntasan hasil belajar kognitif di siklus II adalah 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik
References
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.
Ali, M. (2013). Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Alimah, S. N. (2023). Profile of Culinary Vocational School Students' Learning Styles as a Basis for Choosing Science Learning Methods. Jurnal Mangifera Edu, 8(1), 25-31. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306-316.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157.
Indrawan, F. Y., Irawan, E., Sayekti, T., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 259-268. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Ipah, I. (2023). Analysis of Product Differentiation Through Problem Based Learning on the Level of Creativity of Class X Students of SMAN 2 Semarang. Jurnal Mangifera Edu, 8(1), 17-24.
Junita, A., Supriatno, B., & Purwianingsih, W. (2021). Profil keterampilan kolaborasi siswa SMA pada praktikum maya sistem ekskresi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41480
Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. In Skipsi. Universitas Muhammadiyah 1 Prambanan.
Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83-91.
Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan Model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(1), 29-41.
Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1(1), 33-41. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum
Susilo, S. V. (2018). Refleksi nilai-nilai pendidikan ki hadjar dewantara dalam upaya upaya mengembalikan jati diri pendidikan indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).
Wassahua, S. (2016). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 84-104.
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Yunita, H., Sesunan, F., Maulina, H., & Suana, W. (2021). Pembelajaran blended learning dengan metode praktikum untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMK. Physics Education Research Journal, 3(2), 133-140.