Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi
Keywords:
Problem based learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning SMA N 6 Semarang, mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning SMA N 6 Semarang dan membuktikan secara signifikan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 6 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 tahun pembelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data dilakukan dengan memanfaatkan analisis deskriptif komparatif yaitu proses membandingkan hasil siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil setiap siklus pada tabel ,menunjukkan peningkatan ketuntasan klasikal yaitu pada siklus 1 sebanyak 24 siswa dan ketuntasan klasikal pada siklus 2 sebanyak 29 siswa. Ketuntasan klasikal pada masing-masing siklus. Ketuntasan siklus 1 yaitu 66,% dan perubahan ketuntasan klasikal pada siklus 2 yaitu 80,5%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 13,9% dari siklus 1 ke siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi SMA N 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 berhasil.
References
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1),8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2
Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita. (2017).Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 29–36.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dewi, S., Maryani, I., & Purwanto, P. (2020) Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VB SDIT LHI Melalui Model Problem Based Learning (PBL)
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018).Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran https://doi.org/10.33394/j- ps.v6i2.1044
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017).Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,05(01), 27–35.
Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar BIOLOGI. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1, 17–30.
Nursanti, E. D. R., & Sumarah, I. E. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Materi Alat Ukur Tak Baku Untuk Siswa Kelas I SD Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 71-83.
Rismawati, M. (2021). Analisis Faktor- Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta,3(2), 8–15.https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22262
Rerung, Nensy, Iriwi L. S. Sinon., dan Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1): 47-55
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar BIOLOGI Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MBiologi, 10(1), 16–22.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter (Nurhid (ed.); 1sted.).ArRuzzMea.http://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=313738