Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Anggun Novita Ciptasari

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilatarbelakangi oleh motivasi peserta didik kelas X7 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berada pada kategori sedang atau masuk dalam penggolongan belum termotivasi. Mayoritas peserta didik kurang menyukai mata pelajaran biologi dan masih belum berperan aktif dalam pembelajaran yang diadakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian ini termasuk dalam PTK berdasarkan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act and observe), serta refleksi (reflect). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi: (a) Lembar observasi motivasi belajar peserta didik, (b) Lembar angket motivasi belajar peserta didik, (c) Lembar tes hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian yakni terdapat peningkatan motivasi pada siklus I motivasi sebesar 67,07% dan mengalami peningkatan menjadi 72,02% pada siklus II masuk dalam kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar juga terjadi dimana pada siklus I diperoleh rata-rata 78 menjadi 83 pada siklus II dengan hasil keseluruhan peserta didik telah mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah. 

References

Alfath, J. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Ketungau Hulu. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(1), 103–111.

Anggraini, S. &. Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294.

Apriliyanasari, R. (2011). Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Didukung Multimedia Interaktif Di SMP N 1 Sumowono.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azizi, A., &. Irwansah. (2020). Pengaruh Penggunaan Model PBL terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(2), 186–192. https://doi.org/10.55681/jige.v1i2.52

Dayeni, F., Irawati, S., &. Yennita. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 31–38. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.112.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Handoko, T. Hani. (1992). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 1(1), 17–30.

Lestari, D. S., Hayat, M. S., Rachmawati, R. C. & Ansori, M. (2023). Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Melalui PBL pada Materi Sistem Respirasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 09, 14–22.

Lestari, K. C., Agustini, F., & Azizah, M. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Godong Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Js (Jurnal Sekolah), 6(1), 35. https://doi.org/10.24114/js.v6i1.29897.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru ? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 316–327.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf.

Nurwahyunani, A., Minarti, I. B., Nabila, R. A., Pramaista, A. S., Salsabila, A. T., Saputro, B. P., Sabila, M., & Khoiriyan, M. W. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Biologi : Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 88–100.

Prastiyo, S., Ulfah, M., Mulyaningrum, E. R., & Rianto, S. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Journal on Education, 06(01), 5982–5992.

Puspasari, A. E. (2022). Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Profesi Gurusi Guru, 1(2), 165–171.

Safitri, M. &. Setiawati. (2021). Relationship Between Participant’s Learning Readiness Educate Through Online with the Learning Results on English Courses. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(3), 308–317.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 22. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710.

Sitorus, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). AUD Cendekia Journal of Islamic Early Childhood Education, 01(03), 200–213. Retrieved from http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/article/view/140%0Ahttp://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/article/download/140/107.

Suharni & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Utami, B. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran GI dan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X-4 pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Daha Kediri. Proceeding Biology Education Conference, 12(1), 222–224.

Wahyuningtyas, A.T., Minarti, I. P., &. Budiastuti. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII melalui Model Project Based Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Seminar Nasional PPG UPGRIS 2023 “Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK,” 1572–1579.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ciptasari , A. N. . (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3881–3889. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5723

Issue

Section

Prosiding 2023