285. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Peluang
Keywords:
pembelajaran berdirefensiasi, tutor sebaya, hasil belajar, materi peluangAbstract
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, terdapat beberapa tantangan yang harus diatasi seperti permasalahan kesulitan belajar yang berdampak terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada materi peluang. Hal ini ditemukan pada salah satu terjadi di kelas X pada salah satu SMA Negeri di Semarang. Menghadapi tantangan tersebut terdapat solusi yaitu menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi diperlukan metode khusus berdasarkan potensi yang dimiliki oleh sekolah tersebut yaitu tutor sebaya. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan menyajikan data secara naratif melalui hasil penelitian terhadap suatu kejadian, fenomena atau kegiatan yang dilakukan. Hasilnya bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi peluang. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yaitu persentase ketuntasan belajar klasikal pada pra siklus sebesar 8,33% kemudian pada siklus I menjadi 55,56% mengalami peningkatan sebesar 47,23% dari pra siklus. Kemudian persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sebesar 55,56% kemudian pada siklus II menjadi 80,56% mengalami peningkatan sebesar 25% dari siklus I.