PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X-2 DI SMA NEGERI 5 SEMARANG
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teknik Akrostik, PuisiAbstract
ABSTRAK
Pembelajaran menulis puisi merupakan salah satu materi ajar yang terdapat di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas X-2 di SMA Negeri 5 Semarang melalui penerapan teknik akrostik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 5 Semarang. Instrumen penelitian mengguankan instrument tes berupa hasil belajar ketrampilan menulis puisi pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta non tes yaitu lembar observasi dan angket. Sebelum melaksanakan siklus, peneliti melakukan tindakan pra siklus dengan hasl rata-rata rata 74,3. Pada siklus 1 pertemuan 2 setelah diberi perlakukan menulis puisi menggunakan teknik akrostik rata-rata nilai peserta didik yang dihasilkan 84,9. Hasil yang didapatkan belum maksimal, masih banyak peserta didik kesulitan menemukan citraan dan majas. Setelah diperlukan tindak lanjut ke siklus ke II yaitu perlakukan menggunakan teknik akrostik berbantuan media gambar berhasil mendapatkan 97,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan signifikan terhadap ketrampilan menulis puisi menggunakan teknik akrostik berbantukan media gambar pada peserta didik kelas X-2 di SMA Negeri 5 Semarang.
References
Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt Rineka Cipta
Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 638-642.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Rajawali Pers.
Emha, Ratna Juwitasari; Abdullah, Varatisha Anjani; Pujiati, Tri ; Iskandar, Y. (2020). Pelatihan Virtual Menulis Puisi Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Smp Negeri 1 Karangampel Kab. Indramayu. Abdi Laksana, 1(September), 71–75
Hamsa, H., Sukirman, S., & Firman, F. (2019). Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 67-74.
Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik Akrostik Dalam Penulisan Puisi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103-109.
Musfirah, M., Agussalim, H., Kasau, M. N. R., Khalik, S., Lanta, J., & Saifullah, S. (2022). Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Cakrawala Indonesia, 7(1), 9-14.
Nurahman, N. F., Suhedin, S., & Nurfadillah, F. (2022). Tinjauan Struktur Pada Puisi “Aku Ingin” Karya Sapardi Djoko Damono Menggunakan Pendekatan Strukturalisme. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(1), 25-30.
Pitaloka, A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sudarma, P. (2020). Mengupas Puisi. Cv Media Educations.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Sumiyati, S. (2022). Keefektifan Teknik Akrostik Dalam Keterampilan Menulis Puisi. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 242-249.
Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Persada
Tabroni, Roni.2007. Melejitkan Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung:Nuansa
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Ghalia Indonesia.
Yusman, L., & Defita, L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V. Jurnal Elementary: Kajian Teor