Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Bimbingan Klasikal Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik X DPIB 2 SMK N 4 Semarang
Keywords:
Keterampilan Komunikasi, Bimbingan Klasikal, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
SMK Negeri 4 Semarang memiliki fasilitas berupa pelayanan Bimbingan Konseling (BK), dimana pelayanan ini diperuntukan bagi peserta didik yang sedang menghadapi suatu permasalahan, terutama permasalahan dalam bidang sosial. Fenomena yang muncul seperti lemahnya keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh sebagian peserta didik kelas X DPIB 2. Keterampilan berkomunikasi menjadi salah satu prasyarat utama dalam konteks pembelajaran, karena kemampuan ini memungkinkan peserta didik untuk mengungkapkan pemikiran mereka dan berbagi informasi. Jika keterampilan komunikasinya lemah itu akan menghambat perkembangan sosial dan akademik peserta didik, sehingga menjadi dampak negatif pada interaksi interpersonal dan kemampuan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling (PTBK) melalui bimbingan klasikal model pembelajaran berbasis masalah, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik kelas X DPIB 2 SMK N 4 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkat terkait pemahaman dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas X DPIB 2 di SMK N 4 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 rata-rata tingkat keterampilan komunikasi saat pre test yaitu 78,83 menjadi 100,11 pada post test siklus pertama, dan peningkatan ini lebih signifikan pada post test siklus kedua, mencapai rata-rata 107,47.
References
Ariani, P. D. (2015). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta didik melalui Bimbingan Klasikal dengan Pendekatan Bermain Peran. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 67-74.
Arief, Y. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta didik di Sekolah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dalimunthe, S.N., 2008, Pengantar Periodonsia, USU Press, Medan,
Dewi, R. S. (2020). Pendidikan Berbasis Komunikasi: Menuju Pendidikan yang Inklusif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, D. R., Badrujaman, A., & Surya Rsi, S. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 51–64.
Hutabarat, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Disertai Ekspresif Pada Materi Teks Lisan Melalui Pendekatan Scientific Approach Dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah Vol.10, No. 2 Mei-Agustus 2020, 8.
Intan, S. R. (2019). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 3 No 2,8
Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210.https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.
Ridwan Uddin, Dindin. Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN PRESS. Cet. I, 2015.
Thoha, M. (2017). Pendidikan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Pustaka Pelajar.
Wahyuni, D. (2018). Dampak Media Sosial terhadap Keterampilan Komunikasi Remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 45-55.
Wilhelmina La., Rahman. (2017). "Keterampilan Komunikasi Dalam Pembelajaran." Penerbit Andi.