Upaya Menangani Kecanduan Gadget Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Metode Problem Solving Terhadap Peserta Didik Kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang

Authors

  • AZZA HANIFA Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Juliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Sri Wahyuni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Semarang

Keywords:

Bimbingan Konseling, Problem Solving, Kecanduan Gadget

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menangani kecanduan gadget yang dialami peserta didik dengan memberikan sebuah layanan bimbingan konseling dasar yaitu bimbingan kelompok dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini diawali dengan penyebaran angket skala psikologis terhadap siswa kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan, terdapat peserta didik yang mengalami kecanduan gadget sebanyak 8 orang mengalami kecanduan gadget dalam kategori tinggi hal tersebut selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan pemberian tindakan layanan bimbingan kelompok sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Sehingga didapatkan hasil bahwa terjadi pengurangan nilai signifikan, dengan hasil presentase rata-rata pra siklus 90%, siklus I 73%, dan siklus II 48%. Kemudian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok metode problem solving dalam upaya menangani kecanduan gadget peserta didik kelas XI SMK Negeri 6 Semarang terdapat adanya penurunan intensitas penggunaan gadget peserta didik.

References

Agusta. 2016. Faktor-faktor risiko kecanduan menggunakan smartphone pada siswa di SMK negeri 1 kalasan yogyakarta. EJournal Bimbingan dan Konseling, Volume 3 No. 5. Hal.86-96.

Annisa. (2018). Hubungan Antara Kecanduan Penggunaan Smartphone dan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Semester VI Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Arifin, Zaenal. 2015 "Perilaku remaja pengguna gadget; Analisis teori sosiologi pendidikan." Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman. Vol 26(2) : 287-316. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/tribakti/article/view/219/170

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [APJII]. 2014. Profil Pengguna Internet Indonesia Mencapai 171, 71 atau 64,8%. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Ayuningtyas, R. F., & Wiyono, B. D. (2020). Studi mengenai kecanduan internet dan fear of missing out (FoMO) pada siswa di smk negeri 1 driyorejo. ejournal. unesa. ac. id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/33592

Azis, Aisyah, and Salamang Salmiah Sari. "Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Makassar." (2020). https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/download/15278/8939.

Chusna, (2017). Pengaruh Media Gadget Pada PerkembanganKarakter Anak. Jurnal Media Komunikasi Sosial Keagamaan, (Online). http://ejournal. iain-tulungagung.ac.id.

Diniati, A., Jarkawi, & Farial. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecanduan Anak Yang Menggunakan Gadget Di Smk Negeri 1 Paringin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(3), 1–4. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/1229/1047

Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Laurintia.2019. Hubungan tingkat Kecanduan Gadget dengan. Kualitas 112 Jurnal Ilmiah PSYCHE Vol. 15 No. 2 Desember : 105 - 112 Tidur pada Siswa. Jurnal Kedokteran 2019, 8(4): 12-17. ISSN 2301-5977, e-ISSN 2527-7154.

Mulyati, T., & Frieda, N. (2018). Kecanduan smartpone ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 152–161.

Pratiwi, R. G., & Malwa, R. U. (2021). Faktor yang mempengaruhi kecanduan gadget terhadap perilaku remaja. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 5(2).

Riyadi, M. F., & Widiastuti, M. (2023). KECENDERUNGAN KECANDUAN SMARTPHONE DITINJAU DARI KONTROL DIRI (STUDI PADA REMAJA DI DKI JAKARTA). In Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul.

Sanaky, Musrifah Mardani., Saleh, La Moh., & Titaley, Henriette D. (2021). Analisis Faktor-faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1). https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/diversifikasi/article/download/728/481/.

Sitompul, Dian Novianti. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknok Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman di SMA Negeri 1 Rantau Utara T.A 2014/2015. Jurnal eduTech Vol 1 (1). https://media.neliti.com/media/publications/42696-ID-pengaruh-penerapan-layanan-bimbingan-kelompok-teknik-role-playing-terhadap-peril.pdf

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Wulandari, Amelia Putri., Salsabila, Annisa Anastasia., dkk. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. Vol 05 (02). https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/1074/856/

Yuliana, Anis Tri., Mafruhah., & Fathimah, Dewi. 2023. Penerapan Teknik Kognitif Behavioral Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Sumenep. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 3 (2). https://e-jurnal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/article/view/348.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

HANIFA, A., Juliejantiningsih, Y., & Wahyuni, S. (2024). Upaya Menangani Kecanduan Gadget Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Metode Problem Solving Terhadap Peserta Didik Kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 151–158. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6375

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling