Penerapan Media QR Code untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 6 Semarang

Authors

  • Fajar Anisa Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Karyanti

Keywords:

Keaktifan Belajar, Media QR Code, Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan materiwawasan nusantara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 melalui penerapan media pembelajaran QR Code. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 6 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan lembar pengamatan keaktifan peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi berupa lembar pengamatan keaktifan belajar peserta didik yang berisikan angket indikator yang diberikan kepada peserta didik pada akhir setiap siklus untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan media pembelajaran QR Code pada materi wawasan nusantara terjadi peningkatan keaktifan belajar yaitu pra siklus sebesar 61,47%, siklus I sebesar 80,64%, dan siklus II sebesar 85,07%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran QR Code pada materi wawasan nusantara mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

 

References

Depdiknas. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Fadillah, A. (2018). Tantangan Guru Dan Pengaruh Teknologi Dalam Mendidik Di Abad 21. 2.

Kusna Nugraha, A. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Materi Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup Dengan Media Flash Chard Matching GamE Pada Peserta Didik Kelas VII F SMP Pejagoan Semester 2 Tahun 2018/2029. 06, 10. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=BurRDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=pengertian+keaktifan+peserta+didik&ots=cS2KvsjH9s&sig=ilhjKWHXB7yU-dTFdbSq_0KeLlA&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian keaktifan peserta didik&f=false

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 1. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 4. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip dan Langkah-Langkah Tindakan Kelas. 8.

Susan, T. (2016). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. ( Penelitian Tindakan Kelas pada materi Kasus Pelanggaran HAM pada Kelas X. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Yanti, A. D., Fajrin, R., Ana, R., Yanti, A. D., Fajrin, R., & Ana, R. (2022). DENGAN QR CODE UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Pendahuluan Siswa mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran , yaitu sebagai subjek dan sebagai objek . Oleh karena itu , inti proses pembelajaran tidak lain adalah kegiatan belajar sis. 7(2), 3.

Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Handayani, F. . A., & Karyanti. (2024). Penerapan Media QR Code untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 175–181. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5913

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan