PENERAPAN WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG

Authors

  • Priyo Setiawan UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Priyo Setiawan universitas pgri semarang

Keywords:

Wordwall, Pkn, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian dalam artikel ini akan mengulas mengenai penerapan media pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) pada  tingkat SMP. Pembelajaran PKn selama ini masih terkesan monoton dan kurang inovatif oleh karenanya salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik seperti media pembelajaran Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana langkah-langkah dalam menerapkan media pembelajaran Wordwall dan dampaknya terhadap keaktivan belajar siswa di kelas. Subjek penelitian dalam artikel ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Wordwall efektif meningkatkan keterlibatan siswa, menghadirkan keberagaman aktivitas interaktif, dan memperkaya metode pengajaran guru pada mata pelajaran PKn. Selain itu kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan dan menarik serta dapat menstimulasi perkembangan kognitif siswa selain itu siswa juga memberikan respon yang baik terhadap penerapannya dalam pembelajaran PKn. Selanjutnya untuk lebih mempersiapkan guru dalam menyiapkan teknologi dan sumber daya rekomendasi melibatkan pelatihan lebih lanjut bagi guru dan peningkatan akses teknologi untuk mendukung penerapan Wordwall secara efektif perlu dilakukan.

 

References

Ahdelia, I., Nurhayati b, & Mardiah, S. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Berbantu Media Wordwall dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VII A3 SMP Negeri 5 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembang Pembelajaran, 4(1), 145–152.

As"ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 7685.https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4366

Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Social Science Research, 3, 9593–9607

Fitriana, N. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Persentasi Classpoint Dan Game Edukasi (Quizizz & Kahoot) Pada Pembelajaran Kimia. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.51878/action.v3i1.1982

Mahyudi, A. (2022). Penggunaan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Baku Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 1687–1694

Miseri Cordiaz Zega dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri 2 Sitolu Ori. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 229.

Nindy Puji Nabilah. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. 4(2), 1454–1464.

Putri, I. L., Amril, A., & Hader, A. E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10090–10097.

Sari, A. N., Nurul, W., Nasution, A., Kurniati, S., & Asahan, U. (2024). Mengoptimalkan pembelajaran interaktif dengan media wordwall pada mata pelajaran bahasa indonesia. 9(1).

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Setiawan, P., & Setiawan, P. (2024). PENERAPAN WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 118–126. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6153

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan