280. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel pada Materi Statistika

Authors

  • Eka Hanna Febdhizawati
  • Heni Purwati
  • Prastomo Budiargo

Keywords:

aktivitas, hasil belajar, problem based learning, statistika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi aktivitas peserta didik untuk belajar secara kelompok masih rendah, belum maksimalnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, dan belum mencapainya ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Microsoft Excel pada materi statistika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 pada salah satu SMA di kota semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik dan non tes berupa observasi untuk memperoleh data aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 83 % dan pada siklus II sebesar 92 %. Selain itu, terdapat juga peningkatan aktivitas peserta didik dalam belajar pada siklus I dan II berturut-turut sebesar 84% dan 90 %. Berdasarkah hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Microsoft Excel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  peserta didik pada materi statistika.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Febdhizawati, E. H. . ., Purwati, H. ., & Budiargo, P. . (2023). 280. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel pada Materi Statistika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2486–2496. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3959

Issue

Section

Prosiding 2023