Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
Keywords:
Problem Based Learning, Media Puzzle, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV, yang mana hasil belajar kognitif peserta didik sebelumnya belum memuaskan karena kurangnya perhatian guru, penggunaan media yang terbatas, dan peserta didik kehilangan semangat saat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian, model Problem Based Learning berbantuan media puzzle terbukti mampu menunjang hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran IPAS secara signifikan. Selama pelaksanaan siklus penelitian dimulai dari Pra-Siklus, Siklus I dan Siklus II, terlihat peningkatan yang konsisten dalam jumlah peserta didik yang berhasil menyelesaikan materi pelajaran, sementara jumlah peserta didik yang tidak berhasil mengalami penurunan yang signifikan.
References
Herawati, W., Wahyuni, S., Nurlatifah, M., & Fauziyah, M. U. (2022). Penerapan Model Project Based Learnıng (PJBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 76–83.
Indahwati, D. S., & Abdullah, M. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 07(06), 3542–3556. https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i1.20210
Kartika, M. Y., Arianti, A., & Alim, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Team Games Tournament Melalui Lesson Study Dengan Bantuan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 148–160. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.593
Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran Ipa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10559
Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB, 12(2), 226. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217
Muna, A. K., Prayito, M., & Ruliyanti. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.73534
Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The influence of problem based learning towards social science learning outcomes viewed from learning interest. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445
Tapiah Lusiana, D. S. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5-6 Tahun Lusiana Tapiah A. Ma, Rikha Surtika Dewi, Maesaroh Lubis. Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 34–39.
Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563
Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23612
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515