PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV

Authors

  • Ainun Lathifah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kreativitas, hasil belajar, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Kreativitas dibutuhkan pada abad 21 ini. Guru perlu membantu peserta didik untuk mampu meningkatkan daya kreativitas mereka melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik pada materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi topik bunga dan buah melalui Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai tahapan pelaksanaan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV C SDN Sendangmulyo 02 yang berjumlah 26 peserta didik. Terdiri dari 14 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, rubrik penilaian produk dan hasil tes evaluasi. Analisis data dibuat secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata kreativitas dan ketuntasan secara klasikal 75%. Hasil penelitian menunjukkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi topik bunga dan buah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan indikator kreativitas peserta didik dari siklus I ke siklus II sebanyak 10%, nilai produk sebesar 6%. Nilai tingkat kreativitas siklus I yaitu 69%  dan nilai ketuntasan produk sebesar 93%, sedangkan pada siklus II nilai tingkat kreativitas pada siklus II yaitu 79% dengan nilai ketuntasan produk mencapai 99%. Pada hasil belajar menunjukkan 9 peserta didik tuntas atau sebesar 34% persen yang memenuhi KKM, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang tuntas menjadi 21 peserta didik yang mencapai KKM atau sebesar 81%.

References

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 47–56.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Facette, Fersita Felicia. (2018). “Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Buat Lima Kompetensi”. Jakarta: Jawa Pos, 2 Mei 2018.

Ilyas, A., & Bahagia, B. (2021). Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Di Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5231– 5239

Munandar, Utami. (2006). Kretifitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Naim, Ngainun. (2009). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).

Salman, Lismawati, dkk. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang Disertai dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa” Entropi: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 12 No.2 Agustus 2017.

Saputra, Y. E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiasih, N. W. A., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Penerapan Project Based Learning Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(1).

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Tim Reality. (2008). Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.

Wena, Meda. (2015). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lathifah, A. . (2023). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3051–3059. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5468

Issue

Section

Prosiding 2023