Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Poster Materi Teks Eksposisi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD Islam Al Madina Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Media Poster, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang dengan menggunakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media poster pada materi teks eksposisi. Model Problem Based Learning (PBL) didasarkan pada pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik, dimana peserta didik diajak untuk aktif dalam mengatasi masalah-masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap persiapan, implementasi, evaluasi dan analisa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang dengan jumlah 26 siswa. Data penelitian berupa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa diambil menggunakan instrumen penilaian hasil belajar, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar dengan LKPD. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Berdasarkan penelitian, diperoleh data persentase hasil belajar Pra Siklus 30,77%, siklus I adalah 57,69% dan pada siklus II adalah 96%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media poster dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks ekposisi pada siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang.
References
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:CV. Yrama Widya.
Syafril & Zelhendri Zen. 2017. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS.
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali
Saefuddin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset