Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pbl Berbantu Media Kasuka Peserta Didik Kelas 1 Sdn Sawah Besar 01
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media KASUKAAbstract
Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum menggunakan model pembelajaran yang berbasis masalah. Sebagian besar peserta didik juga belum begitu lancar dalam membaca dan menulis, sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu membuat peserta didik lebih memahami pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu kartu suku kata pada peserta didik kelas 1 SDN Sawah Besar 01, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek Penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Sawah Besar 01 yang terdiri dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes evaluasi serta dokumentasi dan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning(PBL) berbantu media kartu suku kata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil tes evaluasi prasiklus yang semula nilai rata – rata kelas 66,42 , pada siklus 1 meningkat menjadi 76,42 dan pada siklus 2 menjadi 90,35. Dengan rata – rata ketuntasan pada prasiklus sebesar 43%, siklus 1 meningkat menjadi 64%, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 93%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu suku kata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sawah Besar 01 Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat ditingkatkan melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–208.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Artini, N. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Bermediakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 91–100.
Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh penggunaan model problem-Based learning terhadap karakter kreatif dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Daryanto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta:Rineka Cipta, 2007), 102.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227-237.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
Hasanah, I., & Manggiasih, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas 1 Sd Berbasis Model Pembelajaran Pbl. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3713-3729.
Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23-31.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kemdiknas. 2012. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kemendikbud (2013b). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Margaret E. Bell Gredler, Learning and Instruction Theory into
Nandifa, N. K., Nuvitalia, D., Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Sawah Besar 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4019-4031.
Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165-170.
Nugraha, Junaedi. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. Volume 2 Tahun 2019 Halaman 118-124
Practice. Terjemahan Munandir (Jakarta: Rajawali, 1991), 187.
Putri, C. D., Wahid, A. R., & Sunaryo, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model PBL Berbantuan Booklet Pada Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1079-1090.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2011), 112
Siswoyo, A. A., & Fitrotun, D. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 168-176.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247-255.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sukama, I. N. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 63–70.
Suryani, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ciri dan Peranan Bakteri dalam Kehidupan di Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 5(2), 1-7.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tasrum, E. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Di SDN 655 Tirowali Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu (Doctoral Dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).
Wijaya, W., Hapsari, S., Simanjuntak, M. P., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Model Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VII Semester II SMP Negeri 35 Medan TP 2019/2020. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8(2), 76-82.
Yampap, U., & Hasyda, S. (2021). Penggunaan Media Kartu Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 187-191.
Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174-82.jurnal / publikasi terbaru paling lama 5 tahun sebelum pengiriman artikel (paper submission).