Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Kelas VB Di SD Negeri Kalicari 01 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Problem Based LearningAbstract
Hasil belajar Matematika pada materi Bilangan cacah sampai 1.000.000 yang rendah merupakan masalah di kelas VB SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Negeri Kalicari 01 Semarang yang berjumlah 28 peserta didik, terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan yaitu Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian peningkatan ketuntasan klasikal kelas VB SD Negeri Kalicari 01 Semarang terjadi dalam tiga tahap: Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Sebelum mendapatkan perlakuan (Pra- siklus), tingkat ketuntasan klasikal hanya mencapai 46%. Namun, selama Siklus I, tingkat ketuntasan klasikal meningkat menjadi 64%, pada Siklus II, mencapai 68%, dan pada Siklus III meningkat menjadi 82%. Indikator keberhasilan ketuntasan klasikal yang ditetapkan adalah ≤80%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam ketuntasan klasikal selama penelitian. Dari Pra-siklus hingga Siklus III, siswa-siswa dalam kelas VB menunjukkan kemajuan yang baik dalam pemahaman materi Bilangan cacah sampai 1.000.000. Hal ini mengindikasikan bahwa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) yang diterapkan telah berhasil dalam meningkatkan pemahaman siswa hingga melampaui target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian, penelitian ini berhasil membuktikan efektivitas metode eksperimen dalam meningkatkan ketuntasan klasikal siswa kelas VB SD Negeri Kalicari 01 Semarang.
References
Farhana, A., Yuanita, P., Roza, Y., & Riau, U. (2023). Deskripsi Kendala Guru Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. Mathema Journal E-Issn, 5(2), 2023.
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Fitriyanti, M., Lulsiana, L., & Kameni, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 202–210. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4415
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(1), 8–15. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Indonesia, P. R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Terpadu, P. E., Daerah, B. K., Presiden, P., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., & Daerah, P. O. (1991). Presiden Republik Indonesia. 2010(1), 1–5.
MRizky, A. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), 267–273. https://eprints.upgris.ac.id/1494/1/Fajar_S5-03_JS_Analisis Kesulitan Belajar.pdf
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886
Rizki, R., & Pd, W. M. (n.d.). PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK CALON GURU MI / SD (Issue 57).
Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Education, 1(1), 1–12.
Sangging, A. (2017). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Y, W. I. (2022). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Journal of Social Research, 1(8), 916–921. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.187
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Wardana & Ahdar Djamaluddin. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar. In CV. Kaafah Learning Center: Jakarta.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341