Penerapan Model Pembeajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Sistem pertahanan Dan Keamanan Negara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X9 SMA N 14 Semarang.
Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X9 SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi sistem pertahanan dan keamanan negara melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik yaitu 69% dengan nilai rata-rata 71. Persentase ketuntasan belajar tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 87 % dan nilai rata-rata 85. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara dikelas X9 SMA Negeri 14 Semarang. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendikan Pancasila
References
Anggreni, N. D. (2022). pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 sungguminasa. Pinsi Journal Of Education, 1-7.
Arends, R. (2013). Learning to Teach (Terjemah). yogyakarta: pustaka pelajar.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya .
Farida, N. H. (2019). Problem Based Learning (PBL)- QrCode dalam peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Program studi pendidikan Matematika, 8, 225-236. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894
Ida, F. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi Pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar (Online), 4.
Multyaningsih, E. (2012). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik . Yogyakarta : UNY Press.
Rifa'i, A. d. (2015). Psikologi Pendidikan . Semarang : UNNES Press.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Grup.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suwita, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan Tambusai, 7(2), 8460-8464.