PENERAPAN APLIKASI LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PPKN PESERTA DIDIK DI SMAN 10 SEMARANG
Keywords:
LKPD, PPKN, LiveworksheetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran PPKn dengan menggunakan media aplikasi Liveworksheet. Dikarenakan evaluasi pembelajaran yang masih belum optimal. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas X-5 SMA Negeri 10 Semarang yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Liveworksheet untuk meningkatkan motivasi pelaksaan evalusasi pembelajaran PPKn Peserta didik di SMAN 10 Semarang mengalami peningkatan sekaligus meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas dari pra siklus ke Siklus I 62,84%, kemudian pada siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 94,29 %. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik pada Siklus I memiliki rata-rata 76 kemudian Siklus II memiliki rata-rata 88. Penggunaan Liveworksheets dapat juga meningkatkan motivasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran Hal tersebut terlihat dari hasil kuesioner yang menunjukkan peserta didik lebih banyak yang senang, suka, dan tertarik dengan model-model soal dalam Liveworksheets atau sebanyak 98,75% siswa. sedangkan sebagian kecil anak atau 1,25% yang menjawab tidak.
References
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research.
Nurdin, S. (2016). Guru profesional dan penelitian tindakan kelas. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(1), 1-12.
Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
Rifqiyana, L., Masrukan, M., & Susilo, B. E. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii dengan pembelajaran model 4k ditinjau dari gaya kognitif siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1).
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22.
Sukerteyasa, I. P. (2021). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta
Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada
Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian
Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2
Denpasar. Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 81-88.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380-12394.