Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Melalui Pembelajaran Kooperatif Stad (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas V Sd N Kalicari 01 Semarang

Authors

  • Salsabila Luthfi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Hayat Universitas PGRI Semarang

Keywords:

IPAS, Kooperatif, STAD

Abstract

Bentuk implementasi Kurikulum Merdeka adalah mengarahkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Namun pada implementasinya seringkali guru kesulitan untuk menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena itu salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru adalah model pembelajaraan kooperatif dengan pendekatan STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, sebagai salah satu analisis implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Proses penelitian ini melibatkan pengamatan terhadap penerapan pembelajaran kooperatif STAD menggunakan angket observasi sikap peserta didik selama proses pembelajaran dan dokumentasi hasil penilaian. Dari hasil penelitian didapatkan hasil pembelajaran dengan model STAD (Student Team Achievement Division ) dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa belajar siswa kelas V SD N Kalicari 01 Semarang yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Peserta didik juga menunjukkan peningkatan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran dan secara menyeluruh hasil evaluasi peserta didik mengalami peningkatan. Adanya pembelajaran yang menarik mampu membantu guru untuk menciptakan lingkungan kelas yang iklusif, menarik serta memberikan kesempatan bagi semua peserta didik untuk bisa berkembangkan sesuai dengan potensinya.

References

Suyono, & Hariyanto (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Jakarta: Remaja Rosdakarya. → Buku

Setiawan, A, (2017). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia. → Buku

Sugianto (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya. Jakarta: Balai Guru Penggerak→ Buku

Arikunto, Suharsini (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara → Buku

Sumaji dkk (1998). Pendidikan Sains dan Humanistis. Yogyakarta: Kanisius → Buku

Riyanto. (2014). Validasi & Verifikasi Metode Uji: Sesuai dengan Sesuai Dengan ISO/IEC 17025 Laboratorium Pengujian Dan Kalibrasi.Ed.1, Cet. 1. Yogyakarta: Deeppublish → Buku

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara → Buku

Kemmis, S. dan R. Mc Taggart (1988). The Action Researcher Planne. Victoria: Deakin University. → Proceeding

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Luthfi, S., & Hayat, M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Melalui Pembelajaran Kooperatif Stad (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas V Sd N Kalicari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 7–11. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6359

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar