UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI KARANGREJO 02 SEMARANG MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KATAK MELOMPAT
Keywords:
problem based learning, media katak lompat, hasil belajar, penjumlahan dan penguranganAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru kelas yang masih rendah sehingga tujuan pembelajarannya belum tercapai, tidak memakai media saat pembelajaran. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, dirancang dengan pembelajaran mempertimbangkan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara,. Data analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tindakan pembelajaran dengan menggunakan Model PBL berbantuan media katak lompat. Observasi yang dilakukan untuk melihat perkembangan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Saat melakukan kegiatan refleksi dan melihat hasil yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan katak lompat mengalami peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1. Nilai rata-rata untuk prasiklus 56,7% dan mengalami peningkatan menjadi 73,3% pada siklus I. Pada siklus II meningkat kembali menjadi 92,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model PBL berbantuan katak lompat pada materi penjumlahan dan pengurangan. Model ini menjadi alternative guru dalam menyajikan materi matematika yang lebih bermakna untuk peserta didik.
References
Abubakar, H. R. I. (2021). Pengntar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara : Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara : Jakarta.
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian Teoritis-ritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.
Darwanti, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, I 2(1), 61-69.
Depdiknas. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta.
Dewi, F. S. P. (2022). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Menurut Teori Jean Piaget (Telaah Buku Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget). UIN Raden Intan Lampung.
Diva, S. A., & Jayanti, P. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16.
Eremeeva, G., Martynova, E., Valieva, G. F., & Igorevich, S. . (2019). Etymology of Some Mathematical Terms. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience.
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.
Fitriani, F. (2022). Perkembangan Teori Vygotsky dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika di MIS Rajadesa Ciamis. Primary, 35–41.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13 (1), 121-129.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Husnidar, H. & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematik Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Kerlinger, 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral Edisi Ketiga. Gajah Mada University: Yogyakarta.
Kusumawardani, D. R., Wardono, W. & Kartono, K. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosidin Seminar Nasional Matematika I 588-595.
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.
Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya: Bandung.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Sundari, & Endang, F. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, 128–136.
Surur, A. M. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran, Dilengkapi Dengan Evaluasi Formatif. Cv. Aa. Rizky.
Utami, N. A., & Humaidi, H. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39–43.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.