PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI 5 SMA N 10 SEMARANG

Authors

  • nurwahyu andhita murti universitas pgri semarang

Keywords:

minat belajar, berdeferinsiasi, , pendidikan pancasila

Abstract

Minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan Pancasila berbeda-beda, bahkan ada siswa yang mungkin kurang berminat terhadap mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, diperlukan  pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan pentingnya peran guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa pada mata pelajaran Pancasila dan efektivitasnya dalam meningkatkan minat  siswa mempelajari materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SMAN 10, Semarang,  Jawa Tengah. Penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting.

 (1) Guru menggunakan berbagai strategi pembelajaran adaptif. mengelompokkan siswa sesuai kemampuannya, menyediakan sumber belajar yang beragam, memberikan tugas proyek yang berkaitan dengan minat siswa, dan banyak lagi. (2) Guru berperan sebagai fasilitator dengan membantu siswa menemukan minatnya, membimbingnya, dan menantangnya sesuai dengan tingkat kemampuan individu. (3) penerapan pembelajaran berdiferensiasi, siswa merasa bahwa materi pelajaran berkaitan dengan minat dan pengalaman pribadinya serta menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Kesimpulan  penelitian ini adalah  peran guru  dalam membangkitkan minat siswa belajar  mata pelajaran Pancasila di SMAN 10 Semarang sangat penting dengan menerapkan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Guru harus bertindak sebagai fasilitator yang memahami kebutuhan dan minat siswa guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menarik.

References

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pane, R. N., & Sorta Lumbantoruan, S. D. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03),

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., Nurhasanah, I., & Khairunnas Bengkulu, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2), 70–74.

Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jp/Article/View/7335

Nuryani, N., & Halidin, A. (2021). Kontribusi TK/TPA dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi Alquran dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 247 Padatuo Kec. Tonra Kab. Bone. Jurnal Al_Qayyimah, 4(2), 236-256.

Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 2022. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3

Wahyuningsari, D., Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, & Intan Permatas Sari. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529–535. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.301

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

andhita murti, nurwahyu. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI 5 SMA N 10 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 14–17. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6367

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan