PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI 5 SMA N 10 SEMARANG
Keywords:
minat belajar, berdeferinsiasi, , pendidikan pancasilaAbstract
Minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan Pancasila berbeda-beda, bahkan ada siswa yang mungkin kurang berminat terhadap mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan pentingnya peran guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa pada mata pelajaran Pancasila dan efektivitasnya dalam meningkatkan minat siswa mempelajari materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SMAN 10, Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting.
(1) Guru menggunakan berbagai strategi pembelajaran adaptif. mengelompokkan siswa sesuai kemampuannya, menyediakan sumber belajar yang beragam, memberikan tugas proyek yang berkaitan dengan minat siswa, dan banyak lagi. (2) Guru berperan sebagai fasilitator dengan membantu siswa menemukan minatnya, membimbingnya, dan menantangnya sesuai dengan tingkat kemampuan individu. (3) penerapan pembelajaran berdiferensiasi, siswa merasa bahwa materi pelajaran berkaitan dengan minat dan pengalaman pribadinya serta menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah peran guru dalam membangkitkan minat siswa belajar mata pelajaran Pancasila di SMAN 10 Semarang sangat penting dengan menerapkan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Guru harus bertindak sebagai fasilitator yang memahami kebutuhan dan minat siswa guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menarik.
References
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Pane, R. N., & Sorta Lumbantoruan, S. D. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03),
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., Nurhasanah, I., & Khairunnas Bengkulu, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2), 70–74.
Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jp/Article/View/7335
Nuryani, N., & Halidin, A. (2021). Kontribusi TK/TPA dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi Alquran dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 247 Padatuo Kec. Tonra Kab. Bone. Jurnal Al_Qayyimah, 4(2), 236-256.
Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 2022. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3
Wahyuningsari, D., Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, & Intan Permatas Sari. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529–535. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.301