Penerapan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Bola Voli Siswa XI ATPH 2 SMKN H. Moenadi
Keywords:
keterampilan servis bawah, bola voli, pembelajaran bertahap, Penelitian Tindakan Kelas, Teaching at the Right LevelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan servis bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan servis bawah siswa kelas XI ATPH 2 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran, di mana sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah latihan servis bawah dengan jarak tetap dan bertahap, dimulai dari jarak 2 meter hingga 6 meter, sesuai dengan kemampuan awal siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes praktik dan observasi untuk melihat perkembangan keterampilan siswa dalam setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada pra siklus, hanya 13 siswa (36%) yang tuntas. Setelah siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 25 siswa (69%), dan pada siklus II mencapai 30 siswa (83%), melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) efektif dalam membantu siswa menguasai keterampilan secara bertahap dan sistematis. Kesimpulannya, pendekatan pembelajaran yang tepat dan adaptif dapat mengatasi permasalahan keterampilan dasar siswa serta menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna.
References
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran.
Darmawan, I., & Candra Dinata, V. (2023). Peran Guru PJOK dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Siswa di Masa Pandemi. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive53https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Dwi Putri, A., Wijaya, A., Jasmani, P., Rekreasi, dan, Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, F., Kunci, K., Belajar, M., Pjok, P., & Bola Voli, P. (2024). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Info Artikel. 5. http://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/index
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Ikadarny, & Sutriawan, A. (2023). Analisis Kemampuan Servis Bawah pada Permainan Bola Voli.
Lestari Kiding Allo, I., Izza, N., Wahyuni, M., & UPT SPF SDI Pa, G. (2024). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kelas IV UPT SPF SDI Pa’baeng-Baeng.
Masrura, L. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 430–441. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7433
Mulyanto, T. Y., El, Z., Nizar, H., Al Ghani, M., Yulianingsih, I., & Parlindungan, D. P. (2024). Upaya Meningkatkan Servis Bawah pada Permainan Bola Voli dengan Cara Memodifikasi Bola Voli. In SportIndo Jurnal ® (SIJ) (Vol. 3).
Nurkhoirini, R., Jayanti, A., Zhannisa, U. H., Isna, M., & Wibisana, N. (2024). Diterbitkan Oleh: LPPM STKIP Taman Siswa Bima 260 Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Proses Pembelajaran PJOK.
Pou, E. T., Nuhiya, A., Tololiu, B., Maspeke, W., Nabu, A., Hidayat, J. T., Ikhsan, H., Ilham, A., Studi, P., Jasmani, P., Rereasi, D., Olahraga, F., & Kesehatan, D. (2025). Meningkatkan Teknik Dasar Servis Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Latihan. 2(3). https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i3.31779
Prayogo, W. K., & Herlambang, T. (2024). Application of the Teaching at The Right Level (TARL) Learning Method in the Physical Education Curriculum at SMK Negeri 8 Semarang. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)Physical, 6(2), 774–786. https://doi.org/10.35724/mjpes.v6i4.6560
Rahmawati, I., Suwartini, S., Zudhah Ferryka, P., & Rofisian, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Vol. 16, Issue 1). http://journal.ummgl.ac.id/nju/index.php/edukasi
Risdiyanto. (2021). Risdiyanto-Pengelompokan Berdasarkan Kemampuan (Ability Grouping) dan Dampaknya bagi Peserta Didik. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK
Ruqoiyyah, S., & Surya Ningsih, N. (2023). IMPLEMENTING THE TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) APPROACH TO IMPROVE ELEMENTARY STUDENTS’ INITIAL READING SKILLS. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 11(4), 610. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.8989
Sabeni, A., Haji, S., Rasyid, A., Tengah, L., Rasyidi, A. H., Palapa, S., & Lombok, N. (2025). Pemanfaatan Teknik Evaluasi Non Tes dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Praya Timur.
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778
Willy Winengku Widhiasto, R., & TBD Alsaudi, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Mini melalui Pembelajaran Secara Bertahap. In JIP) STKIP Kusuma Negara (Vol. 11, Issue 2).