332. Implementasi Model PBL dan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Tema 8 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SD N Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Reza Aditya Wahyudwiyanto
  • Joko Siswanto
  • Effendi Isnuryanto

Keywords:

Media Pembelajaran, Hasil Belajar, PBL

Abstract

Masalah yang ada di kelas V SD N Gayamsari 02 ialah kurangnya aktif di dalam aktifitas pemebelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar Tema 8”Lingkungan Sahabat Kita” melalui tes formatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Pada siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan instrument untuk mengumpulkan data dengan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N Gayamsari 02 Semarang dengan 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu sebesar 70% dan siklus II mencapai 90% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Aktivitas siswa juga meningkat terlihat dari peningkatan pikirandan dan focus dalam mengikuti pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” Sub tema 3 usaha pelestarian lingkungan melalui penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wahyudwiyanto, R. A. ., Siswanto, J. ., & Isnuryanto, E. . (2023). 332. Implementasi Model PBL dan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Tema 8 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SD N Gayamsari 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2964–2974. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4230

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)