Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Teknik Heading Dalam Sepak Bola

Authors

  • Toma Haryanus Damanik Toma Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Alimin SMA Negeri 9 Semarang

Keywords:

Efektivitas, Metode pembelajaran, Kooperatif (STAD), Teknik Heading Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas metode pembelajaran koopertif, Student Teams Achievment Divisions (STAD) dalam meningkatkan pemahaman teknik heading dalam sepak bola siswa kelas X-3 Di SMAN 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) mengacu pada model Kurt Lewin yang terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan (planing), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 36 dengan begitu seluru subjek dalam kelas X-3 menjadi sampel penelitian. Instrumen yang dipergunakan menggunakan lembar essai terkait teknik heading dalam sepak bola. Teknik analisis data yang dipergunakan merupakan teknik analisis uji efektifitas menggunakan N-Gain Skor yang hasilnya dicocokan dengan tabel efektifitas sehingga dapat ditarik kesimpulan tingkat efektifitasnya. Hasil deskriptif analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66 dan siklus II sebesar 85. Analisis lebih lanjut dengan menggunakan uji efektivitas N Gain Skor menunjukan persentase sebesar 68,2927. Hasil nilai persentase tersebut masuk kedalam kategori “cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa  metode pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievment Divisions (STAD) cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman teknik heading dalam sepak bola siswa kelas X-3 Di SMAN 9 Semarang.

Author Biography

Bertika Kusuma Prastiwi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Bangun, Sabaruddin Yunis & Sayhputra, Irawan. (2017). Peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui penerapan strategi pembelajaran resiprokal. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13 (2). 65-71.

Gillies, R.M., & Ashman, A.F. (2003). Co-Operative Learning: The Social And Intellectual Outcomes Of Learning In Groups. Routledgefalmer.

Itsnaini, Fadila Tarwiyah. (2018). Efektivitas Modelpembelajaran Kooperatif Stad (Student Team Achievement Division) Pada Hasil Belajar Ipa Siswa Dalam Materi Pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas Iv Di Sdn Gading Viii/ 554 Surabaya. JPGSD, 6 (10). 1876-1885.

Johnson, D.W., & Johnson, R.T. (1999). Learning Together And Alone: Cooperative, Competitive, And Individualistic Learning. Allyn & Bacon.

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1(1), 21–27.

Kristin, Firosalia. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria, 6 (2). 74-79.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, And Practice. Allyn And Bacon.

Sumarsono, A. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Impelementasi Class Meeting di Sekolah. Seminar Nasional Implementasi Olahraga, Kesehatan Dan Pendidikan Jasmani Terhadap Upaya Peningkatan Karakter Anak Bangsa, 57.

Syarifuddin, Aip. (1992). Atletik. Jakarta, Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidik.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran Mi. Jurnal Papeda, 4(1), 17–23.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Toma, T. H. D., Bertika Kusuma Prastiwi, & Muhammad Alimin. (2025). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Teknik Heading Dalam Sepak Bola . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010144. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6968

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.