216. Peningkatan Hasil Belajar SBDP Menggunakan Project Based Learning (PjBL) pada Peserta Didik Kelas II SDN 3 Ngetuk Jepara

Authors

  • Risma Alfiyanti Khusna Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Hariyanto SD Negeri 3 Ngetuk

Keywords:

SBdP, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik kelas II SD Negeri 3 Ngetuk yang hasil belajar pada mata pelajaran SBdP diketahui dari nilai ulangan harian pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 rendah. Nilai rata-rata kelas di bawah KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model pembelajaran yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Project Based Learning yang pelaksanaannya dilaksanakan selama II siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Negeri 3 Ngetuk dengan jumlah peserta didik sebanyak 24. Penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SBdP. Pada siklus I peserta didik telah mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 29,17 % dan pada siklus II telah mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 41,67 %. Berdasarkan pemaparan tersebut menunjukkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran SBdP. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus sampai siklus II yang meningkat.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Khusna, R. A., Artharina, F. P., & Hariyanto. (2023). 216. Peningkatan Hasil Belajar SBDP Menggunakan Project Based Learning (PjBL) pada Peserta Didik Kelas II SDN 3 Ngetuk Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1931–1940. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4245

Issue

Section

Prosiding 2023