1. Penerapan Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang
Keywords:
PBL, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian bertujuan mendiskripsikan peningkatan pengetahuan dan peningkatan aktivitas siswa kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang melalui pembelajaran model PBL berbantuan media kartu kata muatan Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP. Hasil belajar mencakup aspek pengetahuan, aspek aktivitas, dan kerjasama siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang dengan subjek 28 siswa. Penelitian berlangsung 3 siklus. Analisis data digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif prasiklus yaitu 35% kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I, Bahasa Indonesia yaitu 42% (cukup), IPA 42 % (cukup), SBdP 42% (cukup) dan meningkat pada siklus II Bahasa Indonesia yaitu 71 % (cukup baik) dan meningkat pada siklus III, Bahasa Indonesia yaitu 100 % (sangat baik) IPA 100%(sangat baik) ) SBdP 100% (sangat baik) . Persentase aktivitas siswa tindakan siklus I Bahasa Indonesia yaitu 42% (cukup) IPA 42 % (cukup) SBdP 42% (cukup) dan meningkat pada siklus II, Bahasa Indonesia yaitu dan meningkat pada siklus III Bahasa Indonesia yaitu 100 % (sangat baik) IPA 100%(sangat baik) ) untuk SBdP 100% (sangat baik). Hasil Penelitian menunjukkan Persentase kerjasama siklus I muatan Bahasa Indonesia yaitu 42% (sangat baik) IPA 42 % (sangat baik) SBdP 42% (sangat baik) dan meningkat siklus II Bahasa Indonesia 71% (baik) yaitu dan meningkat siklus III Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP yaitu 100 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dilakukan pada kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang disimpulkan bahwa model PBL melalui media Kartu Kata dapat meningkatkan kerjasama siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.