Upaya Peningkatan Keterampilan Psikomotor Siswa Menggunakan Pendekatan Tarl Pada Materi Lompat Jangkit Berbasis Video Pada Siswa SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Rahmawan Adi Wismoyo Rahmawan Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini
  • Bertika Kusuma Prastiwi
  • Muhammad Alimin

Keywords:

Keterampilan, Lompat Jangkit, Psikomotor

Abstract

Pendidikan merupakan cara untuk menciptakan manusia yang cerdas dan beradab. Didalam dunia pendidikan sekarang, setiap siswa berkesempatan mendapatkan nilai baik sesuai kemampuan yang dimilikinya. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 9 Semarang materi lompat jangkit, terdapat 19 siswa yang tuntas dengan presentase 53% dan 17 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 47%. Penelitian Tindakan Kelas ini telah dilakukan pada siswa kelas XII 11 dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif penggunaan TaRL  terhadap hasil pembelajaran psikomotor materi lompat jangkit. Setelah pengambilan data observasi, diberikan perlakuan berupa TaRL dan didapat kesimpulan bahwa analisis data  psikomotor paketerampilanda lompat jangkit siswa, pada siklus I terdapat 28 siswa yang tuntas dengan presentase 78% dan 8 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 22%. Sedangkan pada siklus II terdapat 31 siswa yang tuntas dengan presentase 86% dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 14%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa ketika guru menerapkan TaRL pada proses pembelajaran, keteramilan psikomotor pada lompat jangkit meningkat. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan TaRL dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan keterampilan psikomotor siswa.

References

Abdurrochim, M., Amirullah Rachman, H., PGRI Kalimantan Timur, I., Suwandi, J., Kelua, G., Ulu, S., Samarinda, K., & Timur, K. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLATANGAN UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 60. http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/8136

Agustin, O. :, Dakhi, S., Prodi, D., Pancasila, P., Sekolah, K., Keguruan, T., Pendidikan, I., & Selatan, N. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Education and Development. https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f

Arifin, S. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Multilateral.

Astuti, Y., & Kumar, A. (2019). Motoric Ability and Nutrition Status Factor Analysis with the Learning Outcomes Playing Skill of Volley Ball. KnE Social Sciences, 3(14), 689. https://doi.org/10.18502/kss.v3i14.4347

Dewi Cahyono, S., Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, M. K., Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati di Kelas XMIA, T., & Semester, P. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Gentana, R., Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN ALAT BANTU BOLA, BOX DAN BANTUAN TEMAN. Jurnal Olahraga Prestasi, 14(2).

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Kresnapati, P. (2018). Journal of Sport Coaching and Physical Education PENGARUH POLA LATIHAN LOMPAT KIJANG TERHADAP HASIL LOMPAT JANGKIT MAHASISWA PUTRA PJKR UPGRIS Info Artikel. In Journal of Sport Coaching and Physical Education (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe

Nurhasan Ishak, M. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARL PADA SISWA KELAS IV. Global Journal Source. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs

Rifqi Aidiansyah, M., Teguh Hari Wiguno, L., Wibowo Kurniawan, A., Pendidikan Jasmani, J., dan Rekreasi, K., & Ilmu Keolahragaan, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health |, 3(4), 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp://fik.um.ac.id/

Santosa, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lompat Jangkit The Effect Of Traditional Games On The Results Of Jumping Learning. JOURNAL OF PHYSICAL AND OUTDOOR EDUCATION, 1(2).

Saputra, A., & Taman Siswa Bima, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Siyoto, S., & Ali Sodik, Mk. M. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.

Sobarna, A., Hambali, S., Mohamad Rizal, R., Sevtiadzi, L., Program Magister Pendidikan Jasmani, D., Prodi PJKR, D., Program Magister Pendidikan Jasmani STKIP Pasundan, D., Permana, J., Citeureu, B., & Utara, C. (2019). HASIL KETERAMPILAN LOMPAT JANGKIT (Studi Eksperimen Menggunakan Latihan Plyometrik). Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1), 2407–1528. https://doi.org/10.3157/jpo.v8i1.1233

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Turi, M., & Wulandari, Y. (2021). ANALISIS HASIL TES KONDISI FISIK ATLET LOMPAT JANGKIT (Triple Jump) TC KHUSUS JATIM TAHUN 2019 DAN TAHUN 2020. Jurnal Prestasi Olahraga.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Rahmawan, R. A. W., Endang Wuryandini, Bertika Kusuma Prastiwi, & Muhammad Alimin. (2025). Upaya Peningkatan Keterampilan Psikomotor Siswa Menggunakan Pendekatan Tarl Pada Materi Lompat Jangkit Berbasis Video Pada Siswa SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010152. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6982

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.