Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Panggung Lor Semarang

Authors

  • Zuhrotun Nisa

Keywords:

keterampilan berbicara, metode diskusi, pembelajaran

Abstract

Penelitian    ini    bertujuan    untuk    meningkatkan    proses    pembelajaran                                                                                                                     dan meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada peserta didik kelas 2 SDN Panggung Lor Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Panggung Lor Semarang dengan subjek penelitian seluruh peserta didik SDN Panggung Lor Semarang yang berjumlah 26 peserta didik, terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis and Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas 2 SDN Panggung Lor Semarang. Peningkatan proses terlihat peserta didik lebih   antusias dalam mengikuti pembelajaran, mereka terlihat senang pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi dan terlihat lebih aktif.Peningkatan nilai rerata keterampilan berbicara ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 80.5% dan rata-rata kelas mencapai 86,2%. Dan perolehan ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 88.5% sedangkan rata-rata kelas mencapai 93.8%.

References

Abdul Azis Wahab,(2012). Metode Dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Bandung: Alfabeta.

Ahmad Susanto.(2015). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana.

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di kelas Tinggi.Jakarta : depdikbud.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

C. Conny Semiawan dkk. (1992). Pendekatan KeterampilanProses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.Diakses dari http://lib.uin- malang.ac.id/fullchapter/06410036- siti- manar-mufidah.ps pada tanggal 10 September 2023.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Haryadi dan Zamzami. (1996/1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Hasibuan dan Moedjiono. (1995). Proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Henry Guntur Tarigan. (2013).Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa.

Iskandarwassid Dan Dadang Sunendar. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Khoirul. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Celeban Timur UH III /548 Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martinis Yamin. (2007). Kiat membelajarkan Siswa.Jakarta: Gaung Persada.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Mulyani Sumantri & H. Johar Permata. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.MAULANA.

Nurbiana Dhieni, dkk. (2005). Metode Pengembagan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rita Eka Izzaty. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

Sabarti Akhadiah, dkk. (1992). Bahasa Indonesia 1. Jakarta : Depdikbud.

Saleh Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Setiawan Pujiono. (2013). Terampil Menulis (Cara Mudah dan Praktis Dalam Menulis).Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siti Manar Mufidah. (2010). Pengaruh kreativitas Verbal terhadap keterampilan Berbicara pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Soemarjadi, Muzni Ramanto, & Wikdati Zahri. (1991). Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di sekolah Dasar. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.

Suwarna Pringgawidagda. (2002).

Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita KaryaNusa.

Suwarsih Madya.(1994). Seri Metodologi Penelitian Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Eduktif. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zulkifli Musaba. (2012). Terampil Berbicara. Yogyakarta : Aswaja.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nisa, Z. . (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Panggung Lor Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2421–2430. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5397

Issue

Section

Prosiding 2023