Peningkatan Hasil Belajar Matematika Ciri Ciri Bangun Datar melalui Media Flashcard STEM Lidi pada Siswa Kelas IV SDN Sawah Besar 01

Authors

  • Lasaufa Yarda Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah
  • Ririn Sofiantari
  • Aries Damayani

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika SD, media pembelajaran, bangun datar, flashcard stem lidi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Sawah Besar 01 dalam materi ciri-ciri bangun datar. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya media yang menarik. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media pembelajaran flashcard stem lidi yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa, dan data dikumpulkan melalui tes evaluasi, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, yaitu ketuntasan belajar meningkat dari 35% pada pra-siklus menjadi 61,5% pada siklus I, dan mencapai 88% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 61 menjadi 76,7 dan kemudian 86,7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media flashcard stem lidi secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi ciri-ciri bangun datar di kelas IV SD Negeri Sawah Besar 01.

References

Andriany, L., & Hutagalung, T. B. (2024). Filosofi Pendidikan Yang diusung Oleh Ki Hadjar Dewantara dan Evolusi Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 91–99.

Amir, M. T., & Sartika, A. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hadi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Deepublish.

Hadi, S., & Kurniawati, E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 25–35.

Heryati, Y. (2022). The Implementation of Character Education on Bahasa Indonesia through Active Learning in Elementary Schools. Proceedings of the 1st Bandung English Language Teaching International Conference (BELTIC 2018) -Developing ELT in the 21st Century.

Iryanto, N. D. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829-3840.

Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99.

Simbolon, S., Manullang, T., & Naibaho, L. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 112–120.

Yuliani, Y. (2022). Pedagogical Social Interaction Communication Model inDeveloping Islamic National Education. ITALIENISCH, 12(1), 526–532.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Yarda, L., Fajriyah, K., Sofiantari, R., & Damayani, A. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Ciri Ciri Bangun Datar melalui Media Flashcard STEM Lidi pada Siswa Kelas IV SDN Sawah Besar 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301074. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7022

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Similar Articles

<< < 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.