PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DPIB 3 SMK NEGERI 4 SEMARANG MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM-BASED LEARNING

Authors

  • Jossheas El Chrys Silooy Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kepercayaan Diri, Bimbingan Klasikal, Problem Based Learning

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan pribadi siswa, yang mempengaruhi kinerja akademik dan kemampuan sosial. Hasil AKPD menunjukkan rerata permasalahan siswa X DPIB 3 terkait kepercayaan diri yang rendah. Disinilah peran guru BK untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X DPIB 3 SMK Negeri 4 Semarang melalui bimbingan klasikal metode problem-based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). subjek penelitian ini sebanyak 36 siswa. Tahap penelitian dilaksanakan dalam Pra-siklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian diketahui semua subjek penelitian berhasil mengalami peningkatan skor tingkat kepercayaan diri secara signifikan, terlihat dari hasil analisis komparatif yang menunjukkan perubahan yang positif dan signifikan dalam tingkat kepercayaan diri siswa selama proses layanan bimbingan klasikal. Pada tahap pra siklus, rata-rata tingkat kepercayaan diri awal sebesar 53%. Setelah pemberian layanan pada siklus I, terjadi peningkatan yang terlihat dengan rata-rata mencapai 61% pada post test siklus I. Perubahan yang lebih signifikan terlihat setelah pelaksanaan layanan pada siklus II. Tingkat kepercayaan diri mencapai rata-rata 75% pada post test siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa adanya layanan bimbingan klasikal dengan metode PBL yang dilakukan memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diberikan layanan.

References

Azwar. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, Wiwik. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 5, Nomor 2: Agustus 2017.

Rahmawati, Adellia (2022). Perancangan Kuesioner Analisis Penerimaan E-Tax Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). MDP Student Conference 2022, I (1), pp. 512-517.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarastika, P. (2014). Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Araska.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukardi, Dewa Ketut (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Cet.ke-6. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Silooy, J. E. C. . (2023). PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DPIB 3 SMK NEGERI 4 SEMARANG MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM-BASED LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 909–915. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5199

Issue

Section

Prosiding 2023