UPAYA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS XI 7 SMAN 10 SEMARANG
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Brainstroming, Prokrastinasi AkademikAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah prokrastinasi akademik peserta didik yang masih tinggi. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal metode Brainstroming. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-7 yang berjumlah 36 siswa mengalami masalah terkait prokrastinasi akademik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh pengurangan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 83%, siklus I: 70 %, siklus II: 54%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal metode Brainstroming dalam upaya mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI-7 SMAN 10 Semarang terdapat adanya pengurangan prokrastinasi akademik peserta didik
References
Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual(Inovatif). Bandung: Yrama Widy.
Ardina, P. R., & Wulan, D. K. (2016). Pengaruh Regulasi diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30 (2), 67-76.
Bulantika, S. Z. (2019). Efektivitas Konseling Individual Menggunakan Teknik
Brainstorming Untuk
Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Ghaidan:Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 3(2), 24-30.
Dewinta, D. H, & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Bimbingan Klasikal Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. 4 (4), 288-
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
La Forge, M. C. (2008). Applying Explanatory Style To Academic Procrastination, Journal of Clemson University, 16 (2)
Rahmandani, A. (2017). Pemaafan Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 16(1)
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frecuency and Cognitive-Behavior Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31.
Suhadianto, & Ninda, P. (2019). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204-223.