Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Chest Pass Bola Basket pada Siswa Kelas X Kuliner B SMK Negeri 1 Bawen Tahun Pelajaran 2024/2025
Keywords:
TaRL, Keterampilan, Chest Pass, Bola BasketAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan chest pass bola basket siswa kelas X Kuliner B SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan chest pass bola basket setelah diterapkannya pendekatan TaRL pada siswa kelas X Kuliner B SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kuliner B yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian keterampilan chest pass, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil evaluasi pada Siklus I Dari total 34 siswa, terdapat 10 siswa (29,41%) yang memperoleh nilai di bawah 75 (belum tuntas), sementara 24 siswa (70,59%) mencapai nilai di atas 75 (tuntas). Pada siklus II, 30 siswa atau sekitar 88,24% berhasil mencapai kriteria ketuntasan belajar dengan nilai antara 75 hingga 100, yang menunjukkan bahwa mereka telah menguasai teknik chest pass dengan baik. Sementara itu, 4 siswa atau sekitar 11,76% masih belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di bawah 75. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan chest pass bola basket pada siswa kelas X Kuliner B SMK Negeri 1 Bawen.
References
Afandi, R. A., Ningtyas, N. S., Susiyawati, E., & Pratiwi, P. (2024). The Effectiveness of Differentiated Learning using the TaRL (Teaching at the Right Level) Approach for Improving Learning Interest and Learning Outcome. Jurnal Pijar Mipa, 19(4), 657–662. https://doi.org/10.29303/jpm.v19i4.6860
Apriliani, P. I., Prayito, M., & Jannah, F. M. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level ( Tarl ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. Journal Of Social Science Research, 4(2), 1676–1685. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9509
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Fajaryati, D. (2023). Differentiated Learning as an Effort to Improve Students Learning Outcomes in Physics Subjects. IJESS International Journal of Education and Social Science, 4(2), 137–144. https://doi.org/10.56371/ijess.v4i2.194
Harliawan, M., Dos Santos, M. H., & Okilanda, A. (2021). Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket Ekstakulikuler Siswa SMP N 1 Watampone. Jurnal MensSana, 6(1), 66–74. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.21
Hartono, M., Kurniawan, W. R., Wijayanti, D. G. S., & Amran. (2025). Implementing TaRL in physical education: Mastering specific skills in soccer games for junior high school students. Cakrawala Pendidikan, 44(1), 156–168. https://doi.org/10.21831/cp.v44i1.78524
Hasmara, P. S., Ma, I., & Prasetyo, G. B. (2024). The effect of discovery learning on chest pass learning outcomes in basketball games. Sriwijaya Journal of Sport, 4(1), 56–66.
Kuncoro, B., Punggeti, R. N., Nove, A. H., Amahori, A., Setyaningsih, R., Handayani, F., & Hita, I. P. A. D. (2023). Efektivitas Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Bermain Bola Basket pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2655–6022.
Lestari, R. E., Sukendro, S., & Syahrial, S. (2024). Penggunaan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4993–4998. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4452
Marlina, L. (2025). Penerapan Metode Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development (ZPD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X-1 SMAN 6 Kota Tangerang Selatan. PRO PATRIA, 8, 42–55.
Muliati, H. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 329–336.
Nuraini, A. S., Annisa, H., Rahmayanti, I., Ayuni, L. Q., Makiyyah, N. Z. N., Aprilianti, S. N., & Mulyana, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Di Jenjang Sekolah Dasar. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 80–94.
Pinton, M. (2020). KETERAMPILAN MOTORIK PADA PENDIDIKAN JASMANI MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK SEUMUR HIDUP. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 199–218. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/133
Salam, A., Daeng, K., & Hartini, H. (2024). Understanding the Teaching at The Right Level (TaRL) Model’s Impact on High School Economics Curriculum and Performance. Journal of Social Sustainability …, 36–45. https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jssi/article/view/351
Trinanda, A. (2024). Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Chest Pass Dalam Permainan Bola Basket. AJoPE (Aisyah Journal Physical Education), 3(1), 29–34.
Vivaldi, M. (2023). Peningkatkan Hasil Keterampilan Chest Pass Bola Basket Melalui Metode Latihan Bagian ( Studi pada siswa Kelas X IPA 5 SMAN 3 Jombang Tahun Ajaran 2022-2023 ) Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Chest Pass Bola basket , Metode Latihan Bagian. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 7220–7226.
Zahra, K., Diansyah, A., & Gultom, I. M. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. ALACRITY : Journal of Education, 4(1), 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248