Penerapan Permainan Edukatif Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK SMK N 8 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Rukanah Universitas PGRI Semarang
  • Rina dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang
  • Tubagus Herlambang Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Trisnasari SMK Negeri 8 Semarang

Keywords:

PJOK, Problem Based Learning, Permainan Edukatif, Monopoli, Partisipasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada materi gaya hidup sehat melalui penerapan permainan edukatif Monopoli berbasis model Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran teori PJOK yang disebabkan oleh metode penyampaian yang monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas X SMK Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pada tahap pre-test sebesar 38,75%, menjadi 57,5% pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 86,25% pada siklus II. Penerapan permainan edukatif Monopoli berbasis PBL terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, strategi ini direkomendasikan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PJOK.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Gava Media.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). "School engagement: Potential of the concept, state of the evidence." Review of Educational Research, 74(1), 59–109.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Edukatif terhadap Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 45-53.

Hmelo-Silver, C. E. (2013). "Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?" Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Berkshire: Open University Press.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching (8th ed.). Boston: Pearson.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Mills, G. E. (2007). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Merrill Prentice Hall.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Siedentop, D. (2011). Introduction to Physical Education, Fitness and Sport (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2020). Media dan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Deepublish.

Suyanto, S., & Asep, J. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyuni, R. (2022). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penelitian Pendidikan Olahraga, 9(2), 110–120.

World Health Organization. (2020). Healthy Living: Facts and Data. Geneva: WHO Press.

Zaini, H., Muntari, M., & Aryani, M. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rukanah, Rina dwi Setyawati, Tubagus Herlambang, & Dewi Trisnasari. (2024). Penerapan Permainan Edukatif Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK SMK N 8 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020362. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7095

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 105 106 107 108 109 110 111 112 113 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.