Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Meningkatkan Manajemen Waktu pada Peserta Didik Kelas Xi-6 SMA Negeri 10 Semarang

Authors

  • Indah Yuni Puspita Sari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Manajemen Waktu

Abstract

Manajemen waktu merupakan suatu kemampuan yang diperlukan untuk mengelola waktu dalam menyelesaikan kegiatan agar berjalan secara optimal.. Untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu, maka peneliti berupaya menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kemampuan manajemen waktu peserta didik kelas XI-6 di SMA N 10 Semarang. Untuk Memperoleh peningkatan kemampuan manajemen waktu melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management peserta didik kelas XI-6 di SMA N 10 Semarang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah delapan siswa kelas XI-6 SMA N 10 Semarang yang kemampuan manajemen waktunya rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif, kuantitatif dan uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan manajemen waktu pada peserta didik mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari perbandingan hasil kegiatan pre test dan post test terkait angket kemampuan manajemen waktu yang sudah dilakukan uji wilcoxon.  Skala penilaian dengan rata-rata skor 9  saat pre test  meningkat 18 pada saat pelaksanaan post test di siklus II. Simpulan dari penelitian adalah kemampuan manajemen waktu dapat ditingkatkan setelah penerapan bimbingan kelompok teknik self management pada peserta didik XI-6 SMA N 10 Semarang yang dibuktikan dengan penilaian peneliti  di siklus I yaitu 82 persentase 82% kategori Baik dan pada siklus II 96 persentase 96% dengan kategori Sangat Baik. Jadi, layanan bimbingan kelompok teknik self management yang dilaksanakan oleh peneliti dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 14%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmaja, S. N. C. W., Oktavianna, R., Saputri, S. W., Purwatiningsih, P., & Benarda, B. (2021). Time Management untuk Hidup Lebih Efisien dan Efektif. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(1), 60–63. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1165

Barri, F. (2017). Manajemen Waktu Santri Di Dayah Tahfidz Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(1), 138. https://doi.org/10.22373/jid.v17i1.1593

Duraisy, B. R. (2017). Manajemen Waktu ( Konsep dan Strategi ) (Issue 1). https://bahrurrosyididuraisy.wordpress.com/

Harlina, A. P., Theresia, M., & Hartati, S. (2014). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU. 3(1), 1–8.

Hartanti, J. (2015). Tinjauan Teoritis Bimbingan Kelompok. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Komalasari, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: INDEKS.

Komsiya, N., Rahmawati, D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah. 1(1), 134–144.

Mugiarso, Heru, dkk. 2011. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 24. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4592

Nursalim, Muchammad. 2013. Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84. https://doi.org/10.32493/abmas.v1i1.p84-91.y2019

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purnamasari, Lilis Ratna. 2012. Teknik-teknik Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Prenada Media Group.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok (Metode,Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: 2007

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewi Ketut dan Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah & Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Venty. (2013). Peran Konselor/Guru BK. Prosiding Seminar Nasional, 145–155.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan & Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Puspita Sari, I. Y. . (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Meningkatkan Manajemen Waktu pada Peserta Didik Kelas Xi-6 SMA Negeri 10 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1112–1119. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5230

Issue

Section

Prosiding 2023