Peningkatan Kesejahteraan Psikologis melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Siswa Kelas XI 1 SMAN 10 Semarang

Authors

  • Tri Harjani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kesejahteraan psikologis, konseling kelompok behavior

Abstract

Tujuan pendidikan Indonesia adalah mencapai kesejahteraan psikologis termasuk semua dimensinya. Tujuan layanan konseling adalah pencapaian dimensi kesejahteraan psikologis yang baik. Konseling kelompok merupakan salah satu jenis konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan  menggunakan konseling kelompok behavioral untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Skala kesejahteraan psikologis (PWBS Ryff, 1989) digunakan untuk mengukur kesejahteraan psikologis. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil uji beda antara pretest dan posttest, dengan z = -2,22 dan p 0,028 < 0,05. Peserta dalam wawancara kelompok melaporkan bahwa mereka merasa lebih bisa menyesuaikan diri dengan keadaan psikologis yang baik. Temuan penelitian ini mempunyai konsekuensi betapa pentingnya menawarkan layanan konseling di sekolah.

References

Christopher, J. (1999). Situating Psychological Well-Being: Exploring the Cultural Roots of Its Theory and Research. DOI:10.1002/j.1556-6676.1999.tb02434.x Journal of Counseling & Development.

Corey, G. (2015). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psycotherapy. USA: Brooks/Cole.

Creswell, J.W. (2014). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gibson,R L; Mitchell, Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling (Edisi Indonesia-Edisi ke Tujuh). Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Heydarpour, S., Parvane, E., Saqqezi, A., Ziapour, A., Dehghan, F., Parvaneh, A. (2018). Effectiveness of Group Counseling Based on the Reality Therapy on Resilience and Psychological Well-Being of Mothers with an Intellectual Disabled Child. International Journal of Pediatrics, 6(6), 7851-7860. https://doi:10.22038/ijp.2018.29464.2579

Jurmanisak, J., & Fitriani, W. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di Mas Salimpaung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 8–11. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.530

Keyes, C. L. M. (2009). The black-white paradox in health: Flourishing in the face of social inequality and discrimination. Journal of Personality, 77(6), 1677–1706. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.2009.00597.x

Macleod, A., Moore, R. (2000). Positive Thinking Revisited: Positive Cognitions, Well-being and Mental Health. 7(1):1 – 10 Clinical Psychology & Psychotherapy. DOI:10.1002/(SICI)1099-0879(200002)7:1<1::AID-CPP228>3.0.CO;2-S

Moeenizadeh, Majid & Salagame, Kiran Kumar. (2010). The Impact of Well - Being Therapy on Symptoms of Depression. International Journal of Psychological Studies. 2. https://10.5539/ijps.v2n2p223

Nanimusiani C. Supardi, Maulia. (2020). The Effect Of Behavior Group Concelling On Self-Concept Of In SMP Mardi Rahayu Students in Ungaran. Jurnl Bimbingan Konseling Suluh. Volume 5 Nomor 2, Maret 2020 (33-39)

Pratomo, SA. 2023. Keefektifan Keefektifan Konseling Kelompok Well-Being Therapy dan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa : Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Ruini Chiara et al (2009). School Interventions for Promoting Psychological Well-Being in Adolescence. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry 40(4):522-32 DOI: 10.1016/j.jbtep.2009.07.002

Ryan, R., & Deci, E. (2001). On Happiness and Human Potentials: A Review of Research on Hedonic and Eudaimonic Well-Being. Annual Review of Psychology, 52, 141-166. http://dx.doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.141

Ryff, C.D. Happiness is everything D. (1989)., or is it? Explorations on the meaning of psychological wellbeing. Journal of Personality and Social Psychology. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069

Ryff, C.D. & Keyes, C.L.M. (1995). The structure of psychological wellbeing revisited. Journal of Personality and Social Psychology. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719

Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know Your Self. And Become What You Are: A Eudaimonic Approach To Psychological Well-Being. Journal Of Happines Studies. Springer. https://Doi:10.1007/s10902-006-9019-0

Ryff CD. (2018). Well-Being With Soul: Science in Pursuit of Human Potential. Perspectives on Psychological Science 2018, Vol. 13(2) 242–248. https://Doi:10.1177/1745691617699836

Safara M., Minoo Khanbabaee & Khanbabaee, M. (2018). Effectiveness of Spiritual Group Counseling on the Psychological Well-Being of Girls from Divorced Families. Health, Spirituality and Medical Ethics. 2019;6 (1):18-24. http://dx.doi.org/10.29252/jhsme.6.1.3

Wiguna, H., Nugraha, Y., Rizka R, F., Andika, A., Kanggrawan, J. I., & Suherman, A. L. (2020). Kebijakan Berbasis Data: Analisis dan Prediksi Penyebaran COVID-19 di Jakarta dengan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 74 - 83. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i2.76

Wibowo, M.E. (2019). Konseling Kelompok Perkembangan Edisi Revisi. Semarang: Unnes Press.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Harjani, T. . (2023). Peningkatan Kesejahteraan Psikologis melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Siswa Kelas XI 1 SMAN 10 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1219–1226. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5253

Issue

Section

Prosiding 2023