Peningkatan Kemampuan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli melalui Penerapan Metode Drill pada Siswa Kelas XI-11 SMA N 2 Semarang

Authors

  • Amar Ma'ruf Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Theresia Cicik Sophia Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Osa Maliki Universitas PGRI Semarang
  • Tomy Rully Winarto SMAN 2 Semarang

Keywords:

Metode Drill, Passing Bawah, Bola Voli, PJOK, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan metode drill pada siswa kelas XI-11 SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes keterampilan passing bawah, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill mampu memberikan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan siswa. Pada tahap prasiklus, mayoritas siswa (75%) berada dalam kategori “kurang”. Setelah pelaksanaan siklus I, terjadi sedikit peningkatan, namun siswa yang tergolong “kurang” masih mendominasi (72,22%). Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan meningkatkan intensitas latihan dan memberikan umpan balik langsung. Hasilnya, siswa dalam kategori “sangat baik” meningkat menjadi 13 orang (36,11%) dan siswa kategori “kurang” menurun menjadi 8 orang (22,22%). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode drill efektif dalam meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli. Disarankan agar guru PJOK menggunakan metode drill secara rutin dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar, motivasi belajar, dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran PJOK.

References

Aknasari, R. Z., Firlando, R., & Syafutra, W. (2021). Penerapan Metode Latihan Drill pada Atlet Bola Voli Pengcab Kabupaten. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(1), 62–71. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2874

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276

Chan, F., & Indrayeni, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TGFU Pada Siswi Kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 186–197.

Fanani, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill. Education Journal : Journal Educational https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.345

Febriyanto, D., & Sari, P. A. (2021). Perbandingan metode drill dan demonstrasi dalam pembelajaran teknik passing. Jurnal Pendidikan Jasmani, 7(2), 65–71.

Fitriyah, S., & Kurniawan, T. (2021). Analisis kegiatan praktik PJOK di SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 8(1), 41–50.

Hermawan, D. (2021). Aplikasi teori behavioristik dalam pembelajaran keterampilan motorik. Jurnal Pendidikan Terapan, 4(3), 101–108.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdasmen.

Muniroh, R., & Alim, S. (2021). Drill method in physical education to improve students’ motor skills. Jurnal Active Learning, 9(2), 77–83.

Nasution, M. (2018). Pengembangan Pembelajaran PJOK Berbasis Karakter. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurhasan, R. (2017). Fundamental Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Bandung: Alfabeta.

Ramdani, A., & Syafei, M. (2020). Efektivitas pembelajaran PJOK menggunakan metode latihan. Jurnal Pendidikan Olahraga Indonesia, 2(1), 30–38.

Rohim, M. (2020). Teknik dasar dalam pembelajaran olahraga di sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Nusantara, 3(2), 22–30.

Sari, T. N., & Appulembang, O. D. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII pada SMP di Sentani [The Implementation of The Drill Method to Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes of Sets in A Grade 7 Class at A Junio. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1689

Setiawan, D., & Nurjanah, R. (2021). Integrasi keterampilan abad 21 dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 175–183.

Sulaiman, R., & Yanti, E. (2020). Dampak latihan drill terhadap akurasi passing bawah bola voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, 6(1), 112–118.

Sugiyanto, A., & Wijaya, R. (2019). Pengaruh penguasaan teknik passing bawah terhadap kinerja tim bola voli. Jurnal Keolahragaan Nusantara, 5(2), 45–52.

Wicaksono, H., & Hidayat, T. (2020). Latihan drill untuk meningkatkan teknik dasar servis dan passing. Jurnal Olahraga Rekreasi, 8(1), 58–65.

Winarno, M. E., & Tomi, A. (2013). Teknik Dasar Bermain Bolavoli. Malang.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ma'ruf, A., Maftukin Hudah, Theresia Cicik Sophia Budiman, Osa Maliki, & Tomy Rully Winarto. (2025). Peningkatan Kemampuan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli melalui Penerapan Metode Drill pada Siswa Kelas XI-11 SMA N 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020222. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7124

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.