PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETERAMPILAN BELAJAR LARI ESTAFET PESERTA DIDIK KELAS XI-6 SMAN 2 SEMARANG TAHUN 2024/2025

Authors

  • Burhan Hendrawan Universitas PGRI Semarang
  • Theresia Cicik Sophia Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Utvi Hinda Zhannisa Universitas PGRI Semarang
  • Tutur Lukas Waskitho SMA Negeri 2 Semarang

Keywords:

Kata kunci: Teaching at the Right Level (TaRL), Lari Estafet, Keterampilan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan belajar lari estafet melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada peserta didik kelas XI-6 SMAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan pengamatan awal saat PPL II, diketahui bahwa pembelajaran belum menggunakan pendekatan yang menyesuaikan dengan kemampuan belajar peserta didik yang beragam, khususnya dalam materi atletik nomor lari estafet. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan pertimbangan. TaRL diterapkan melalui asesmen diagnostik, pengelompokan fleksibel, serta penyediaan materi dan tugas berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari kondisi awal dengan kategori mahir sebanyak 17% menjadi 47% pada siklus II. Penerapan TaRL terbukti meningkatkan keterampilan gerak lari estafet seperti teknik memegang dan menyerahkan tongkat serta koordinasi gerakan. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa TaRL dapat menjadi pendekatan alternatif yang efektif dalam pembelajaran PJOK, khususnya untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan dan mendorong tercapainya tujuan pembelajaran sesuai prinsip Kurikulum Merdeka.

Author Biographies

Theresia Cicik Sophia Budiman, Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang

Utvi Hinda Zhannisa, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Tutur Lukas Waskitho, SMA Negeri 2 Semarang

SMA Negeri 2 Semarang

References

Alvionsya, F. M., & Apriansyah, D. (2022). Penerapan Metode Permainan Lari Sambung Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Penjas Pada Siswa Kelas Iv Sdn 84 Kota Bengkulu. In Educative Sportive-Edusport (Vol. 2022, Issue 1).

Apriani, E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun.

Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Journal Of Information Systems And Management, 03(02). Https://Jisma.Org

Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level(Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984–1994. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i4.7547

Pilhandoki Mei Dana, Wachidi, & Mustofa Triono Ali. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti. Jiip (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah (1st Ed.). Staial Press.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alfihris : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. Https://Doi.Org/10.59246/Alfihris.V2i3.843

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Burhan Hendrawan, Theresia Cicik Sophia Budiman, Utvi Hinda Zhannisa, & Tutur Lukas Waskitho. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETERAMPILAN BELAJAR LARI ESTAFET PESERTA DIDIK KELAS XI-6 SMAN 2 SEMARANG TAHUN 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020233. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7126

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.