Peningkatan Hasil Pembelajaran Sepak Bola Menggunakan Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL)
Keywords:
Hasil Belajar, Sepakbola, TaRLAbstract
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan yang berfungsi untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan motorik, sikap sosial, dan karakter siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan TaRL terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola di SMK Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahapan di atas, dengan harapan bahwa hasil belajar siswa akan meningkat secara bertahap setelah tindakan diterapkan. 1. Kondisi Awal Sebelum tindakan diberikan, dilakukan tes awal. Dari hasil tes awal terhadap 30 siswa: • Rata-rata nilai: 62,3 • Siswa yang tuntas (nilai ≥ 75): 10 siswa (33,3%) • Siswa yang belum tuntas: 20 siswa (66,7%). Hasil Tes Siklus I: • Rata-rata nilai: 72,4 • Siswa yang tuntas: 18 siswa (60%) • Siswa yang belum tuntas: 12 siswa (40%) Kesimpulan sementara: Terjadi peningkatan hasil belajar, namun belum mencapai indikator keberhasilan (≥ 85% siswa tuntas). Hasil Tes Siklus II: • Rata-rata nilai: 81,7 • Siswa yang tuntas: 26 siswa (86,7%) • Siswa yang belum tuntas: 4 siswa (13,3%). Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan performa baik dari segi teknik dasar sepak bola maupun dari aspek kerja sama tim dan motivasi belajar siswa.
References
Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). Optimalisasi hasil belajar gerak dasar shooting sepak bola melalui pendekatan TaRL. Jurnal Keolahragaan JUARA, 4(2). E-Journal Universitas Palangka Raya
Dewi, A. O. (2022). Pengaruh pendekatan TaRL dan CRT terhadap keterampilan lempar tangkap bola permainan softball. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(6). E-Journal Taman Siswa Bima
Saputro, A. K. (2020). Peningkatan hasil belajar sepak bola melalui pendekatan bermain kelompok. Jurnal Penjakora, 5(1). eJournal UndikshaAfdal, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola menggunakan gaya mengajar divergent di smp negeri 1 balusu. 96.
Agus Ismail. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas Viii a Smpn 1 Bangkala Barat Efforts To Improve Passing Learning Outcomes Through the Stad Tipe Cooperatif Learning Method in. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2, 176–180.
Alwalid, A., Rumini, & Bisri, K. (2024). Upaya Meningkatan Servis Bawah Peserta Didik dengan Jarak Tetap dan Bertahap dengan Menggunakan Pendekatan Teaching At The Right Level pada materi bola voli kelas XI SMA N 7 Semarang. 58–63.
Azwira, A., Atiq, A., Puspa Hidasari, F., Yunitaningrum, W., & Triansyah, A. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar shooting sepakbola. Jurnal Porkes, 6(1), 246–265. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.16742
Dewi, A. O. (2024). Pengaruh Pendekatan Tarl dan Crt terhadap Keterampilan Lempar Tangkap Bola Permainan Softball. 14(6), 519–525.
Fitri Magfirah, Abdul Haris, & Ernie. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level(TaRL)untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 860–861.
Hasbillah, M., Ikadarny, I., Suparman, S., Nurafiati, S., Asri, A., Karim, A., & Herman, H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 15. https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.9314
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Siwanto, D. H., & Pisriwati, S. A. (2025). Tantangan Implementasikan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. 4(1), 45–51. https://doi.org/10.59373/academicus.v4i1.81
Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR GERAK DASAR SHOOTING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN TARL. 2, 164–170.
Yuliana, A., & Kuala, S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Teaching At The Right Level ( TaRL ). 5(2), 373–383.
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean. (2020). Penelitian tindakan kelas: Meningkatkan kemampuan teknik dasar shooting
Aprilia, F. A., & Pratama, D. S. (2022). Pengaruh pendekatan TaRL terhadap keterampilan shooting sepak bola. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 4(2).
Saputro, A. K. (2020). Peningkatan hasil belajar sepak bola melalui pendekatan bermain kelompok. Jurnal Penjakora, 5(1).
Widaningsih, S., Husaeni, A., & Mahdani, Z. (2020). Penerapan model pembelajaran direct teaching pada belajar keterampilan passing permainan sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 20(2).
Sarka, I. M. (2020). Upaya meningkatkan prestasi belajar permainan sepak bola melalui penggunaan metode kontekstual siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3).
Ghofur, A., Rohman, A., Rahmatulloh, A. D., Al Ayyubi, A. F., Saputra, A. G., Dinata, V. C., & Widodo, A. P. (2022). Meningkatkan hasil belajar gerak