Peningkatan Hasil Belajar Shooting Permainan Bola Basket Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) Siswa Kelas XI TITL 2 SMK Negeri 3 Semarang

Authors

  • Rahardian Damarjati Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Fakthu Royal Universitas PGRI Semarang
  • Ashar Junaedi SMK Negeri 3 Semarang

Keywords:

TARL, Shooting Bola Basket, Pembelajaran PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI Titl 2 di SMK Negeri 3 Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, yang mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 31% pada pra-siklus, menjadi 58% pada siklus I, dan mencapai 86% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 74,3 menjadi 80. Pendekatan TaRL terbukti efektif karena mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan dan kebutuhan mereka, sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih terarah dan partisipatif. Hasil penelitian ini mendukung efektivitas pendekatan TaRL dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani, khususnya pada teknik dasar passing permainan bola basket. Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan TaRL memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa.

 

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Surata, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right (TaRL) Terintegrasi Konsep Understanding by Design (UBD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. Widyadari, 25(1), 157-172.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga.

Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R., Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Deepublish.

Madri, M. Asnaldi, A. Yaslindo. (2020). “Motovasi dan Disiplin Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan”. Journal Of Sport Science Physical Education. 2 (1) 32-44.

Muammar. (2022). Peran Relawan Literasi Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) Dalam Menyelesaikan Permasalahan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi. Yogyakarta: Indonesia.

Mulyanto, R. (2014). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Qohar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola. Physical Activity Journal, 1 (1), 27 – 35.

PERBASI. (2006). Peraturan Bola Basket. Jakarta.

Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rahman, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bola Basket melalui Metode Pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) pada Siswa Kelas X-3 SMAN 3 Jombang Tahun pelajaran 2022-2023. Journal On Education, 6(1), 2036-2043.

Sampurno, H. W., & Suryadi, S. (2020). Perbandingan Gaya Mengajar Komando Dengan Gaya Mengajar Diskoveri Terhadap Hasil Belajar Menembak (Shooting) Dalam Pembelajaran Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 71 -82.

Sholikah, S.S., Sunarti, S. & Masfingatin, T. (2023). Meningkatkan Ketermpilan Berkolaborasi Siswa SMP Melalui Model PJBL Dengan Pendekatan TARL. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 46-58, 2023.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rahardian Damarjati, Slamet Pratama, D., Fatkhu Royana, I., & Junaedi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Shooting Permainan Bola Basket Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) Siswa Kelas XI TITL 2 SMK Negeri 3 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020342. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7231

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.