Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Ummi Khofifah Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Matematika

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02. Permasalahan awal penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa, yang terindikasi dari kecenderungan pasif, kurangnya kemampuan mengemukakan argumen, serta keterbatasan mereka dalam menghasilkan berbagai solusi saat dihadapkan pada masalah matematika. Untuk mengatasi ini, penelitian tindakan kelas dua siklus pada 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini terbukti dari peningkatan aktivitas siswa pada setiap tahapan PBL, mereka mampu memahami inti dan mengidentifikasi informasi penting pada orientasi masalah, menunjukkan kemajuan dalam mengajukan pertanyaan, merencanakan langkah, serta melakukan pengamatan dan pencatatan sistematis pada tahap penyelidikan. Pada tahap penyajian karya, sebagian besar siswa berhasil merumuskan kesimpulan dan menjelaskan proses penyelesaian masalah dengan lebih jelas dan terstruktur. Peningkatan aktivitas ini didukung data observasi, yang naik dari 58,89% (cukup) di siklus I menjadi 86% (sangat baik) di siklus II. Sebagai pendukung, hasil belajar matematika siswa juga meningkat signifikan. Rata-rata nilai naik dari 68,47 pada siklus I menjadi 80,86 pada siklus II, dan ketuntasan belajar meningkat dari 52,17% menjadi 82,60%. Disimpulkan bahwa PBL berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berdampak positif pada hasil belajar matematika siswa

Author Biographies

Ervina Eka Subekti, Universitas PGRI Semarang

PGSD, Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No. 24, 50232

Siti Patonah, Universitas PGRI Semarang

PGSD, Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No. 24, 50232

Siti Kusniati, SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

SDN Karanganyar Gunung 02, Jl Jangli Tilawah 1 No. 4, Candisari Semarang, 50255

References

Aditama, I. B. (2019). Meningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. .

Ahmad Khumaidi, U. M. (2024). Peran teknologi informasi dan komunikasi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 232-241.

Cahyo, T. S. S., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1597–1610. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2329

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2, 2–5.

Fanani, M. A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. . In Proceeding International Conference on Lesson Study , 537-548.

Herliati, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sdn 001 Kempas Jaya. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1514. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8961

Janah, M. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam. October.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. 2020. Hubungan antara Berpikir Kritis dan Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran). 3 (2) 1-8.

Mustaqimah, N. W. (2024). Psikologi Pendidikan dalam Belajar dan Pembelajaran. Mifandi Mandiri Digital.

Payadnya, P. A. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). . Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 35–38.

Sadita, S.S.E. (2024). Studi Pendahuluan: Pengembangan Lembar Kerja Kerja Peserta Siswa (Lkpd) Dengan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang , 10 (1), 9-20.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung: CV. Alfabeta.

Suwarma, D. M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan. Jakarta: Cakra Maha Karya.

Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402–3416. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1884

Uno, H. B. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Cakra.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Khofifah, U., Ervina Eka Subekti, Siti Patonah, & Siti Kusniati. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 25030109. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7232

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.