188. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kongkrit Kelas 5

Authors

  • Muhammad Zaenal Fais
  • Suyoto
  • Sri Murwati

Keywords:

Problem Based learning, Peningkatan, Kongkrit

Abstract

Masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 5 klaling kudus yang dilakukan oleh guru yang belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, dikarenakan sarana dan prasarana kelas 5 yang kurang lengkap seperti LCD dan proyektor yang belum ada di kelas. Pada saat peneliti melakukan observasi guru kelas melakukan pembelajaran dengan metode ceramah, demonstrasi dan penugasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ke aktifan dan hasil belajar peserta didik kelas 5 pada pembelajaran tematik terpadu.  Setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) Terhadap  Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN 5 klaling, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian yaitu 33 peserta didik kelas 5 SDN 5 Klaling Kudus yang terdiri dari 19 perempuan dan 14 laki-laki. Dengan pengambilan data meliputi dokumen dan soal evaluasi selama 2 siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menunjukkan peningkatan. Adapun peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN 5 Klaling dapat meningkat pada pembelajaran tematik di SDN 5 Klaling Kudus.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fais, M. Z. ., Suyoto, & Murwati, S. . (2023). 188. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kongkrit Kelas 5. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1680–1689. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4107

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)