Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Permainan Bola Beracun Pada Awal Pembelajaran Bola Voli Di Kelas XI-4 SMA Negeri 2 Semarang

Authors

  • Zulita Dwi Aprilia Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Osa Maliki Universitas PGRI Semarang
  • Narfangurohim SMA Negeri 2 Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar, permainan bola beracun, PJOK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas XI-4 SMA Negeri 2 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan permainan kecil "bola beracun". Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus selama bulan Februari hingga Mei 2025 dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar dan observasi langsung terhadap aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Pada siklus I, motivasi belajar peserta didik masih tergolong rendah dengan rata-rata persentase sebesar 25%. Hal ini terlihat dari kurangnya semangat, partisipasi pasif, dan minimnya respon terhadap stimulus pembelajaran yang diberikan guru. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II berupa penerapan permainan bola beracun sebagai bagian dari aktivitas pemanasan, motivasi belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan rata-rata persentase mencapai 45,6%. Permainan ini terbukti mampu membuat peserta didik lebih aktif, antusias, dan terlibat dalam proses pembelajaran PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bola beracun dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran PJOK. Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menantang, permainan ini mampu memotivasi peserta didik untuk lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran secara optimal.

References

Aliriad, H., Adi, S., Manullang, J. G., Endrawan, I. B., & Satria, M. H. (2024). Improvement of Motor Skills and Motivation to Learn Physical Education Through the Use of Traditional Games. Physical Education Theory and Methodology , 24(1), 32–40. https://doi.org/10.17309/tmfv.2024.1.04

Amiruddin, M. I., Wijaya, A., & Suparno, A. (2024). Penerapan Permainan Bola Beracun pada Awal Pembelajaran Pjok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMPN 13 Surabaya. 5.

Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1 : deskriptif kuantitatif. ResearchGate, July, 166–178.

Culajara, C. J. (2022). Integrating game-based approach in students learning experiences in physical education: A phenomenological study. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3(3), 242–254. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2022.vol3(3).10520

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Pengaruh Permainan Uno Stacko dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Elvira, Neni Z, D. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/indexDOI:https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Kurnia, D., & Septiana, R. A. (2020). Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani. Physical Activity Journal, 2(1), 90. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3302

Maryati, E., Sholeh, M., Saputra, M. R., Viqri, D., Simarmata, D. E., Yunizha, T. D., & Syafitr, A. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 165–170. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.408

Mercan, G., & Varol Selçuk, Z. (2024). Investigating the Impact of Game-Based Learning and Gamification Strategies in Physical Education: A Comprehensive Systematic Review. Journal of Interdisciplinary Education: Theory and Practice, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.47157/jietp.1389843

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pramadya Hardiansyah Putera, Mochammad Ridwan, & Juheri. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dengan Pendekatan Bermain Pada Mata Pelajaran PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 133–139. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.304

Putri, K., Prawesthi, W., & Andrijianto, D. (2024). Penerapan Permainan Kecil ( Percil ) Bola Beracun Menggunakan Modifikasi Bola Spons Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Permainan Bola Voli Implementation of Small Game ( Percil ) Poison Ball Using Modified Sponge Ball in Improving Learning Outcomes of Underhand Passing Movement in Volleyball Game. September, 3059–3066.

Roisul Umam, W. (2024). PENERAPAN PERMAINAN KECIL BOLA BERACUN PADA PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 10 DI SMAN 1 KEJAYAAN. 09.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman dalam Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.

Simanullang, N. R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Melalui Media Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 64–73.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Dwi Aprilia, Z., Setiyawan, Osa Maliki, & Narfangurohim. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Permainan Bola Beracun Pada Awal Pembelajaran Bola Voli Di Kelas XI-4 SMA Negeri 2 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020354. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7243

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.