Peningkatan Hasil Belajar Kelas V Melalui Model PJBL pada Pembelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan

Authors

  • Nurrohmat Setiadi Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima
  • Mira Azizah
  • Tri Hasmikasari

Keywords:

Hasil belajar, Metode PjBL, IPAS

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil Belajar siswa pada mata pelajaran IPAS cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V SDN Sawah Besar 01 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  hasil belajar tergolong sedang dengan rata-rata nilai 55, di mana hanya 43% siswa mencapai KKTP. Penggunaan metode ceramah tanpa media inovatif seperti  model PjBL menjadi faktor rendahnya capaian ini. Setelah penerapan  model PjBL pada siklus I, ketuntasan siswa meningkat dari 43% menjadi 50%, namun hasil belum memuaskan. Pada siklus II, dengan perbaikan strategi dan pembuatan pruduk, ketuntasan naik signifikan menjadi 71,5% dengan rata- rata nilai 70. Model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.

References

Alfiansyah, D. (2021). Pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 110–115.

Haris, M. (2020). Efektivitas penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 75–80.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Putri, L. & Nurafni, N. (2021). Penggunaan media PowerPoint interaktif dalam pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 45–50.

Saraswati, R. (2020). Penerapan media PowerPoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(2), 150–155.

Suryani, A. (2022). Pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(4), 210–215.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wahyu, S. (2021). Penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Inovasi, 5(3), 100–105.

Wahyudi, I. (2019). Pengaruh penguasaan konsep IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 22–28.

Alfiansyah, D. (2021). Pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 110–115.

Haris, M. (2020). Efektivitas penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 75–80.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Putri, L. & Nurafni, N. (2021). Penggunaan media PowerPoint interaktif dalam pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 45–50.

Saraswati, R. (2020). Penerapan media PowerPoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(2), 150–155.

Suryani, A. (2022). Pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(4), 210–215.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wahyu, S. (2021). Penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Inovasi, 5(3), 100–105.

Wahyudi, I. (2019). Pengaruh penguasaan konsep IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 22–28.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Setiadi, N., Filia Prima, Mira Azizah, & Tri Hasmikasari. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Kelas V Melalui Model PJBL pada Pembelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301068. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7244

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.