Penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII ATPH 1 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran

Authors

  • Elizabeth Windy Gitiara Universitas PGRI Semarang
  • M. Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati Universitas PGRI Semarang
  • Agus Ikhwanto SMKN H. Moenadi

Keywords:

Problem Based Lerning, Keterampilan Berpikir Kritis, Penilaian Tindakan Kelas

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan aspek esensial yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Penelitian dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII ATPH 1 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran yang terlihat dari lemahnya kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan terdapat 2 siklus yang setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek terdiri dari 35 peserta didik kelas XII ATPH 1 Semester 2 Tahun 2024/2025 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Pengumpulan data melalui observasi dan tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan indikator FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview). Data dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan tingkat pencapaian dan ketuntasan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil menunjukkan penerapan PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah yang terlihat dari pergeseran kategori. Data menunjukkan dari 35 peserta didik, pada siklus I sebanyak 63% peserta didik dengan kategori “kurang” dan “sangat kurang”, sementara pada siklus II sebanyak 86% peserta didik dengan kategori “baik” dan “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis di lingkungan SMK.

References

Budi Minarti, I., Nurwahyunani, A., Amalia, S., Oktaviani Safitri, D., Maya Putri Anggraeni, E., Ilham Sagaf, M., Umamah, I., & Amalia Putri, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Sdl Melalui Penerapan Argumentative Assessment Dan Critical Thinking. Jip), 1(1), 134–146.

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riser Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.

Burhana, Dita, Luluk , Nova Dwi, P. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 302–307. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i2.847

Darmadi, Rifai, M., Rositasari, F., & Haryati, N. (2024). Analisis Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 261–266. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.161

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Fadillah, J. (2022). Studi Literatur : Pemanfaatan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4460–4468. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2795

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Hardiana, T., & Nugraheni, N. (2024). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ii Sdn Sampangan 02. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 275–278.

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.968

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.

Ihsan, A., Syahfitri, L., Bahri, S., Zahari, L., Awalia, N., Muslim, U., & Washliyah, N. A.-. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Quizizz. 5(1), 96–113.

Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.931

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Validitas Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori FRISCO. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 55–67. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6960

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Mislah, M., Hayat, M. S., & Siswanto, J. (2024). Profil Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika di Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 4066–4077. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7288

Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja Di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519

Pratama, F. W. (2023). Profil Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1946–1962. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1717

Rachmawati, R. C., Mulyaningrum, E. R., Roshayanti, F., & Biologi, J. P. (2014). Pengembangan karakter dan penguasaan konsep dengan pendekatan inquiry laboratory materi identifikasi algae. 94–106.

Rahmadana, J., Khawani, A., & Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 7, Issue 1, pp. 224–230). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278

Samsul Amarila, R., Subali, B., & Saptono, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.

Susandi. (2023). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 263–275. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2043

Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46.

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399

Syari, L. N., & Hasruddin. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di MTS Negeri 1 Labuhanbatu Utara. Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia (JPPIPAI), 2(2), 26–35. http://jurnal.unimed.ac.id

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Widya Ayu Paramitha, Eny Hartadiyati Wasikin Haryanti, & Tri Hastutiningsih. (2024). Analisis Penggunaan Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 63–76. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.837

Zuriati E., A. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1814–1819. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.640

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Gitiara, E. W., Hayat, M. S., Citraning Rachmawati, R., & Ikhwanto, A. (2024). Penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII ATPH 1 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020365. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7315

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.