270 Upaya Peningkatan Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 2 Mijen

Authors

  • Niken Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Qibtiyah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pendekatan saintifik, model Problem Based Learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD 2 Mijen dengan menerapkan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD 2 Mijen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 2 Mijen yang terdiri dari 39 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Ukuran ketuntasan kelas minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SD 2 Mijen mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam menerapkan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning. Hal ini tercermin dari rata-rata skor Siklus I sebesar 76,95 dengan nilai capaian sebesar 82,85%. Hasil belajar siswa dari Siklus I meningkat pada Siklus II yaitu 88,86 dengan capaian ketuntasan belajar klasikal 94,28%. Dalam menerapkan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD 2 Mijen.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wulandari, N., Prayito, M., & Qibtiyah. (2023). 270 Upaya Peningkatan Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 2 Mijen . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2383–2392. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4384

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)