Penggunaan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Dalam Materi Atletik Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Semarang

Authors

  • One Yulvanto Universitas PGRI Semarang
  • Maftukhin Huda Universitas PGRI Semarang
  • Galih Dwi Pradifta Universitas PGRI Semarang
  • Purno Darmanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil, Belajar, Lari, Jarak, Pendek, Atletik, Permainan, Tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melalui permainan tradisional pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 11 Semarang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Hasil menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 44% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan permainan tradisional sebagai metode pembelajaran alternatif yang sesuai dengan kondisi lokal sekolah.

References

Arif, Y., & Hadiwijaya, D. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN METODE PEMBEBANAN. Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2), 58–66.

Candra, J., Prawira, A. Y., & Denatara, E. T. (2021). Metode Part Method dan Whole Method dengan Aplikasi Kinovea dalam Meningkatkan Pembelajaran Atletik Dasar. Jendela Olahraga, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6883

Destriana, D., Elrosa, D., & Syamsuramel, S. (2022). Kebugaran Jasmani Dan Hasil Belajar Siswa. Jambura Health and Sport Journal, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.14490

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Ramadhan Ilham, H., Mujiono, E., & Raharjo, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Pendekatan Culturaly Responsive Teaching (Crt) Dengan Permainan Tradisonal Lompat Tali Karet Kelas Xi. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 733–738.

Saputra, E., Rahmat, Z., & Munzir, M. (2021). Analisis Kemampuan Lari Jarak Pendek (Sprint) 100 Meter Pada Siswa SD Negeri 1 Blang Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Utomo, B., Hartati, & Yuli, S. C. (2014). Upaya meningkatkan partisipasi aktif Siswa dalam pembelajaran pjok melalui modifikasi bermainan Softball. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 469–471.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yulvanto, O., Huda, M., Dwi Pradifta, G., & Darmanto, P. (2025). Penggunaan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Dalam Materi Atletik Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020228. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7342

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.