PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI

Authors

  • Muhammad Hafidz Akbar Nugroho Agung Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin Widarti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Yatman Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Bola Voli, Passing Atas, Pendidikan Jasmani, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar passing atas bola voli pada siswa kelas XI-1 SMAN 4 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (pre-test dan post-test). Subjek penelitian adalah 36 siswa, dengan instrumen berupa modul ajar, rubrik penilaian sikap dan keterampilan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari pra-siklus hingga siklus II. Pada pra-siklus, hanya 25% siswa yang tuntas, meningkat menjadi 56% pada siklus I, dan mencapai 89% pada siklus II. Penerapan PBL mendorong keterlibatan aktif, kerja sama kelompok, serta peningkatan pemahaman dan keterampilan teknik passing atas. Kendala seperti kurang percaya diri dan teknik gerakan yang belum sempurna dapat diminimalkan melalui perbaikan pembelajaran pada siklus II. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya dalam mengembangkan keterampilan motorik dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bola voli.

References

Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, Nur, D., Maulidya, J. N., & Ma’arif, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.297

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Selvi Meilasari, Damris M, & Upik Yelianti. (2020). KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Agung Nugroho, M. H. A. N., Setiyawan, Maria Yosephin Widarti Lestari, & Yatman. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020217. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7343

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.